Apa Itu Receiver

Apa itu receiver dan fungsinya

Jayaherlambang.com – Berdasarkan kamus bahasa inggris , receiver itu artinya adalah penerima . umumnya receiver ini berhubungan perangkat antena , ponsel , komputer ,  televisi maupun radar .dan perangkat lainnya .

Receiver adalah receiver adalah alat yang digunakan untuk menerima sinyal dari berbagai jenis, tergantung pada konteks aplikasi. Mungkin menerima sinyal atau gelombang elektromagnetik analog, atau sinyal digital melalui media kabel. 

apa itu receiver
apa itu receiver

Istilah receiver, bagaimanapun, banyak digunakan dalam komunikasi, khususnya komunikasi nirkabel dalam hal jaringan dan komunikasi seluler. Ini adalah perangkat yang menerima dan menerjemahkan sinyal dan kemudian mengkondisikan atau mengubahnya menjadi sesuatu yang dipahami oleh mesin atau komputer lain.

Receiver sebagian besar mengacu pada bagian perangkat yang menerima sinyal; seringkali, perangkat bertindak sebagai pemancar dan penerima (transceiver) seperti dalam kasus telepon seluler (radio seluler) dan antena yang digunakan untuk komunikasi data. Jika pemancar dan penerima berada di lokasi yang sama, media transmisi biasanya berupa kabel atau kawat, tetapi sinyal nirkabel juga dapat digunakan untuk memungkinkan metode transmisi siaran ke beberapa penerima.

Baca Juga   Daftar Frekuensi Parabola Semua Satelit Terbaru 2021

Dalam konteks komunikasi umum, receiver  adalah orang yang menerima barang, baik itu berupa ucapan, surat, atau benda. Konsep ini meresap dan berlaku untuk semua bentuk penerima dalam bentuk teknologi apa pun karena semuanya, tanpa kecuali, memiliki kemampuan untuk menerima sesuatu yang telah dikirim oleh pemancar baik dalam bentuk gelombang elektromagnetik, sinyal listrik, gelombang suara, atau gelombang suara. bahkan ringan.

Apa itu receiver parabola 

Jika anda menggunakan parabola sebagai penangkap sinyal tentunya akan membutuhkan receiver parabola agar siaran televisi di rumah anda bisa ditonton . 

Receiver parabola adalah suatu perangkat elektronik yang digunakan untuk mengkonversi sinyal LNB pada antena parabola yang mana akan di ubah menjadi bentuk video dan audio lewat televisi .

Baca Juga   Sejarah Internet Di Dunia Dan Di Indonesia – Perkembangannya

Receiver parabola ini ada beberapa jenis yaitu receiver mpeg4 da juga mpeg2 dan juga HD .agar anda bisa mendapatkan visual gambar yang menarik pada saluran televisi anda , ada baiknya membeli receiver parabola yang sudah mpeg4 atau HD agar gambar yang ditampilkan lebih jernih .  

Baca juga : Daftar frekuensi parabola semua satelit tv terbaru 2021

Pengertian receiver radar 

Contoh penerima adalah modul transceiver, yang juga berfungsi sebagai pemancar untuk komunikasi dua arah dari instalasi radio terestrial atau menara seluler. Ia menggunakan transceivernya untuk mengirim sinyal ke ponsel seperti suara, pesan teks, dan data, dan, sebagai imbalannya, ia menerima jenis sinyal yang sama dari telepon untuk ditransmisikan ulang dan diterima oleh menara lain hingga mencapai tujuan akhir. Hal yang sama berlaku untuk komunikasi antara router Wi-Fi dan laptop atau perangkat seluler; sinyal ditransmisikan dan diterima secara dua arah.

Baca Juga   1 Mbps Berapa Kbps – Cek Internet Speed TEST

Seperti kebanyakan penerima lainnya, penerima radar adalah klasik superheterodyne . Itu harus menyaring sinyal gema yang diinginkan dari kekacauan dan kebisingan penerima yang mengganggu deteksi. Itu juga harus memperkuat sinyal yang diterima lemah ke tingkat di mana output penerima cukup besar untuk menggerakkan layar atau komputer. The teknologi radar penerima mapan dan jarang menetapkan batas pada kinerja radar.

Receiver  harus memiliki besar rentang dinamis dalam situasi di mana perlu untuk mendeteksi sinyal lemah di hadapan gema kekacauan yang sangat besar dengan mengenali pergeseran frekuensi Doppler dari target bergerak yang diinginkan. Rentang dinamis dapat secara longgar digambarkan sebagai rasio sinyal terkuat hingga terlemah yang dapat ditangani tanpa distorsi signifikan oleh penerima. Penerima radar mungkin diperlukan untuk mendeteksi sinyal yang kekuatannya bervariasi satu juta banding satu—dan terkadang lebih banyak lagi.

Baca Juga   Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di HP Xiaomi Dengan Mudah

Dalam kebanyakan kasus sensitivitas penerima radar ditentukan oleh kebisingan yang dihasilkan secara internal pada inputnya. Karena tidak menghasilkan banyak noise sendiri, transistor biasanya digunakan sebagai penerima tahap pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *