Cara Cek HP Oppo Bekas Agar Tidak Mudah Tertipu

By |

Mengetahui cara cek HP Oppo bekas dapat menghindarkan Anda dari aksi tipu-tipu oknum penjual handphone. Apalagi saat ini sistem pembelian handphone sudah bisa melalui media online, memang praktis, namun harus lebih selektif dalam membuat setiap keputusan.

Pembelian online maupun ke toko langsung, jika tidak berhati-hati dan keliru memilih tempat bisa saja kena jebakan oknum. Tentu tidak semua penjual seperti ini, namun sebagai antisipasi maka tidak ada salahnya Anda mengetahui cara memeriksa status handphone.

cara cek HP Oppo bekas

Sebabnya terlalu mudah jika untuk orang awam dikelabui handphone lama atau baru dari tampilan fisik. Sementara spesifikasi dan penggunaan di dalamnya bisa saja sudah dipakai beberapa lama oleh orang lain. Tentu saja hal seperti ini merugikan.

Dimana seharusnya harga yang dibayarkan untuk mendapatkan handphone baru, justru alokasi tidak semestinya karena ternyata Anda mendapatkan barang bekas.

Cara Cek HP Oppo Bekas

Sebagai acuan, kami membahas beberapa cara mengecek HP Oppo bekasmelalui berbagai jalan, berikut cara yang dapat Anda terapkan:

1. Periksa Garansi

Periksa garansi handphone, jika handphone bekas biasanya mendapatkan garansi toko saja. Untuk memeriksa garansi, dibutuhkan input nomor IMEI dengan memasukkan kode *#06# kemudian ikuti dengan nomor IMEI yang terdapat pada bagian belakang handphone.

Baca Juga   Cara Mendengarkan Percakapan Telepon Orang Lain

Biasanya nomor IMEI ini berbentuk stiker dan tidak akan dilepas apabila pemilik lama tahu betapa pentingnya IMEI tersebut. Nantinya setelah memasukkan kode, Anda akan diarahkan ke sebuah situs kemudian mendapatkan akses memeriksa status garansi handphone.

Dari sana, bisa periksa apakah masa berlaku garansi masih ada atau sudah habis dari pusatnya. Meskipun hanya tersisa beberapa bulan, namun itu sangat membantu apabila suatu saat terjadi hal tidak diinginkan, seperti sederhananya layar retak.

Baca juga : Cara mengetahui hp oppo pertama kali di aktifkan

2. Periksa Performa Mesin

Pemeriksaan terhadap performa bisa melalui *#800# kemudian lakukan panggilan dan tunggu sampai layanan Engineering Mode muncul untuk memeriksa status perangkat keras pada handphone. Nantinya Anda akan diarahkan ke menu EngineerMode.

Dari Engineer Mode selanjutnya bisa ke Oppo LogKit. Dari sana Anda bisa memeriksa beberapa fitur, seperti wifi, sensor, kamera, audio, dan sebagainya. Salah satu cara cek HP Oppo bekas ini bisa untuk semua tipe Oppo, meskipun nantinya menghasilkan tampilan berbeda.

Baca Juga   Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus Lewat HP Android

3. Periksa Layar

Bagian layar juga bisa menjadi sarana pemeriksaan handphone bekas dengan menggunakan app Dead Pixel Test and Fix. Aplikasi ini berguna untuk memeriksa apakah ada kendala dead pixel pada layar atau tidak.

Dead pixel adalah adanya bintik putih pada layar dan muncul bayangan hitam tepat pada area layar sentuh. Untuk mendapatkan app Dead Pixel Test and Fix, Anda bisa mengunduhnya secara cuma-cuma dari Play Store.

Langkah tepat cara cek HP Oppo bekas dari layar sangatlah penting mengingat fungsi layar untuk generasi smartphone saat ini bukan hanya memberikan tampilan visual. Lebih dari itu, aktivitas pengetikan dan berbagai hal penting lainnya juga dilakukan melalui layar HP.

Baca juga : Cara mengunci jaringan 4G oppo dengan mudah

4. Periksa Baterai

Cara pemeriksaan yang terakhir ini bisa dibilang memakan waktu lebih lama karena baru akan diketahui secara jelas setelah dilakukan pemakaian beberapa lama. Baterai handphone baru tidak akan terlalu boros jika digunakan.

Baca Juga   Kode MMI Tidak Valid Artinya dan Cara Mengatasinya

Berbeda dengan baterai handphone lama, biasanya karena faktor pemakaian yang sudah lama juga maka daya baterai bisa lebih cepat habis. Meskipun butuh waktu, namun cara cek HP Oppo bekas memang terbilang cukup akurat.

Pentingnya Mengetahui Cara Memeriksa HP Oppo Bekas

Mengetahui detail bagaimana memeriksa status handphone lama atau baru bisa menghindarkan Anda dari aksi tipu-tipu oknum tidak bertanggung jawab. Jika awam dalam hal seperti ini, jangan segan untuk meminta bantuan orang yang terpercaya di sekitar Anda.

Lengkapi pengetahuan diri juga dengan belajar otodidak dari berbagai sumber guna menghindari penipuan ganda. Sebab, meskipun meminta bantuan dari kenalan atau teman baik, tidak menutup kemungkinan peluang mendapatkan untung membuat mereka curang.

Paling penting guna menghindari kejadian tidak menyenangkan adalah selalu membeli dari tempat terpercaya. Meskipun barangnya bekas, tidak bisa sembarangan memilih siapa penjualnya.

Jika bisa membeli dari tempat terbaik maka pilihlah tempat tersebut. Mengetahui siapa pemilik sebelumnya juga bisa menjadi salah satu cara cek HP Oppo bekas secara langsung yang lebih akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.