Cara Masuk Fastboot Xiaomi Melalui PC dan Smartphone

By | Mei 27, 2022

Cara masuk fastboot Xiaomi mungkin masih asing bagi Anda. Fastboot mode sendiri merupakan protokol yang biasa dipakai untuk melaksanakan partisi ulang atau flashing pada perangkat android.

Dapat juga dikatakan sebagai protokol yang dipakai untuk memperbarui sistem flash Android. Hal ini dapat dijadikan sebagai alternatif dari recovery atau instalasi update. Manfaat utamanya adalah dapat memasang file melalui PC dengan praktis.

Anda cukup memasangkan android dengan komputer. Kemudian masuk ke mode fastboot dan melakukan flashing, update atau memasang recovery image. Namun tentu Anda harus mengetahui tutorialnya secara benar.

Cara Masuk Fastboot Xiaomi Memakai Tombol Fisik

Agar dapat masuk ke fastboot Xiaomi, salah satu cara yang bisa dipakai ialah menggunakan tombol fisik. Cara ini cukup mudah untuk dilaksanakan karena hanya membutuhkan kombinasi beberapa tombol. Berikut langkah-langkahnya.

1. Mematikan Smartphone

Untuk bisa menggunakan mode ini, Anda harus mematikan smartphone terlebih dahulu. Pastikan benar-benar dalam keadaan mati untuk bisa melanjutkan proses ini.

2. Tekan Tombol Power + Volume Bawah

Apabila smartphone dalam kondisi hidup, umumnya kombinasi tombol power + volume bawah dipakai untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar. Kombinasi ini banyak dipakai oleh berbagai merek ponsel.

Baca Juga   Cara Masuk Ke Youtube Desktop Hp Dan Cara Loginnya

Apabila hendak melakukan cara masuk fastboot Xiaomi, maka tombol power + volume bawah ditekan bersamaan ketika ponsel dalam keadaan mati. Tekan sampai keluar logo fastboot pada layar.

3. Mode Fastboot Terbuka

Apabila sudah muncul logo, maka lepaskan tombol yang tadi Anda tekan. Pada tahap ini mode fastboot telah terbuka dan bisa digunakan. Namun, apabila menggunakan tipe Redmi, terdapat sedikit perbedaan dalam proses ini.

4. Tekan Tombol Power + Volume Atas

Sebelum menerapkan tutorial, maka matikan ponsel Redmi terlebih dahulu. Kemudian, tekan tombol power + volume atas secara bersamaan sampai muncul opsi perintah pada layar smartphone.

5. Opsi Fastboot

Pada tipe Redmi ini, mode tidak dapat langsung terbuka. Namun Anda harus klik opsi Fastboot pada layar terlebih dahulu. Setelah itu, perangkat akan restart dan masuk ke mode terkait.

Apabila Anda ingin keluar dari mode ini, caranya juga mudah. cukup menekan tombol power selama beberapa saat. Perangkat akan restart dan masuk ke menu utama. Pada tahap ini, Anda sudah bisa memakai smartphone seperti biasa. 

Baca Juga   Cara Stem Gitar Manual Dan Secara Online Dengan Aplikasi

Baca : cara mengembalikan foto yang terhapus di hp xiaomi

Cara Masuk Fastboot Xiaomi Menggunakan Command Prompt

Selain menggunakan kombinasi tombol, Anda bisa memanfaatkan fitur Command Prompt pada komputer atau laptop untuk mengakses fastboot Xiaomi. Cara ini sangat berguna ketika salah satu tombol mengalami kerusakan. Berikut tutorialnya.

1. Menyiapkan Beberapa Bahan

Langkah pertama adalah menyiapkan beberapa bahan yang akan dipakai dalam proses. Mulai dari kabel USB, PC atau laptop yang mempunyai windows 7 ke atas, sudah mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.

Selain, Anda juga perlu menyiapkan ADB.Driver.Installer.v2.o. Menginstall hal ini akan membantu sebagai driver. Kemudian menambahkan ADB-Fastboot-And-Driver-v1.4.3.zip. Hal ini akan dipakai sebagai driver dan fastboot command.

2. Menghubungkan Ponsel dan PC atau Laptop

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, Anda bisa mulai menghubungkan ponsel dan PC atau laptop. Ketika menghubungkan ini, smartphone harus dalam keadaan menyala, tidak perlu dimatikan.

3. Open Command Window

Langkah berikutnya adalah open command window. Caranya dengan masuk ke folder c:/adb terlebih dahulu. Lalu, klik tombol Shift + klik kanan pada bagian kosong layar PC atau laptop. Klik pilihan Open Command Window Here.

Baca Juga   Trik SMS Gratis XYZ Bikin Penggunaan Pulsa Lebih Irit

4. Ketik Perintah

Berikutnya akan muncul kotak hitam dengan tulisan “C:\adb>”. Anda perlu memasukkan perintah di sampingnya berupa “adb devices”. Perintah ini mempunyai tujuan memastikan device terkoneksi mode ADB.

5. ADB Reboot Bootloader

Jika terkoneksi, akan muncul kode acak dalam kotak hitam tersebut. Selanjutnya, Anda perlu memasukkan perintah berupa “adb reboot bootloader”. Maka, ponsel Xiaomi akan masuk dalam mode Fastboot.

6. Memastikan Fastboot

Untuk memastikan apakah sudah terkoneksi, Anda bisa memasukkan perintah berupa “fastboot devices”. Apabila muncul kode acak, maka Anda sudah masuk dalam mode terkait.

Apabila ingin keluar dari mode ini, cukup memasukkan perintah “fastboot reboot”. Maka Xiaomi akan melakukan restart secara otomatis dan mengakses menu utama.

Ada banyak sekali pengaturan yang dapat dilakukan pada suatu smartphone. Umumnya cukup mengakses menu pengaturan atau setting. Namun terdapat langkah khusus apabila ingin melakukan cara masuk fastboot Xiaomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.