7 Cara Membuat Bootable Windows 10 Waktu Install Ulang

By |

Cara membuat Bootable Windows 10 itu sebenarnya mudah di lakukan lo kawan , namun bagi sebagian orang mengalami kesulitan karena memang belum mengerti caranya . untuk itu melalui artikel ini saya akan menjelaskannya untuk Anda .

Tidak sedikit laptop / komputer pernah mengalami proses booting (bootable). Bootable dapat diartikan laptop / komputer sedang dalam proses booting dengan memuat beberapa file dalam flashdisk. Sedangkan Flashdisk tersebut digunakan untuk menginstall windows. Karena demikian, flashdisk membuat file installer windows. Dengan adanya penjelasan cara membuat bootable windows 10, maka akan mempermudah proses install ulang sistem windows.

Cara membuat bootable windows 10

Proses bootable bisa diartikan juga loading system. Dikarenakan adanya proses loading saat restart komputer. Proses loading bootable ini bisa saja terjadi pada saat install ulang windows (misal windows 10), dan file installer tersebut ada pada flashdisk.

Cara Membuat Bootable Windows 10

Agar bisa mempermudah pengguna menginstall ulang,  berikut akan dijelaskan membuat  bootable waktu install ulang:

1. Mengunduh Aplikasi Rufus

Cara membuat bootable windows 10 yang pertama adalah dengan mengunduh sebuah aplikasi  pihak ketiga, yaitu aplikasi rufus. Karena rufus adalah aplikasi populer yang cukup bagus dan cukup tinggi kompatibilitasnya. Dan juga APK yang satu ini banyak digunakan, karena berguna untuk mengubah berkas ISO ke dalam flashdisk.

Selain itu, aplikasi ini  juga dapat dengan mudah didapatkan, karena dapat diunduh secara gratis di web. Pengguna bisa juga mengunduh aplikasi tersebut di link https://rufus.ie/en/. Banyak sekali pengguna yang memilih aplikasi rufus untuk membuat bootable windows 10, dikarenakan aplikasi rufus ini sangat bagus.

Baca juga : 2 Cara menampilkan file tersembunyi pada windows 10

2. Memasukkan Flashdisk ke Komputer

Langkah berikutnya Cara membuat bootable windows 10 adalah dengan menancapkan/memasukkan flashdisk ke dalam komputer. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

  • Memastikan sudah ada master dari aplikasi rufus
  • Memasukkan flashdisk
  • Memastikannya sudah terdeteksi normal ke komputer

3. Menjalankan APK Rufus

Cara membuat bootable windows 10 yang ketiga adalah menjalankan aplikasi rufus. Tentunya aplikasi tersebut sudah terinstall terlebih dahulu pada komputer pengguna. Ada beberapa yang perlu diperhatikan:

  • Menunggu status pada tampilan aplikasi rufus sampai ready
  • Memilih dan menekan start

4. Memilih Device Menjadi Flashdisk

Pada APK rufus tersebut , terdapat beberapa menu. Pengguna bisa memilih pilihan flashdisk pada menu device, yang terletak pada tampilan awal aplikasi rufus. Pengguna harus memilih flashdisk pada menu device, dikarenakan pada langkah ketiga ini, file/berkas sudah tersimpan pada flashdisk.

Baca juga : Cara mengatasi choose an options di windows 10

5. Memasukkan ISO pada Windows 10

Langkah yang selanjutnya adalah dengan mengklik tombol “Select” pada bagian menu “Boot Selection”. Yang kemudian bisa dilanjut dengan memilih file ISO windows 10 yang sudah terunduh sebelumnya.

6. Memilih Jenis Partisi dan Sistem Target

Aplikasi rufus ini ternyata hanya bisa digunakan untuk membuat bootable media dengan satu pilihan booting. Maka dari itu, pada tahap ini pengguna harus memilih jenis partisi dan sistem target. Pada menu partisi terdapat 2 pilihan, yaitu:

  • GPT : untuk pengguna BIOS Legacy
  • MBR : untuk pengguna UEFI

7. Mengatur Format Option

Langkah terakhir, bisa langsung menuju ke menu “Format Option”. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Melakukan pengaturan pada volume label (sesuai keinginan)
  • Memilih NTFS pada menu “File System
  • Membiarkan pilihan “Default” pada bagian “Cluster Size
  • Memilih dan mengklik “Show Advanced Format Option
  • Memilih dan mencentang pada pilihan “Quick Format
  • Mengklik “Create extended label and icon files
  • Selesai

Baca juga : Cara cek spesifikasi laptop windows 10 dengan sangat mudah

Setelah itu, pengguna bisa memulai proses pembuatan bootable flashdisk windows 10. Setelah semua tahapan selesai, pengguna bisa langsung mengklik “Start” dan kemudian mengklik “OK”

Yang telah disebutkan diatas adalah cara membuat bootable windows 10. Dengan demikian, posisi komputer sudah dalam keadaan terinstall. Setelah membuat media penginstalan, pengguna dapat mengatur lagi windows tersebut. Gunanya untuk mempelajari lebih lengkap lagi.

Penutup

Usai sudah pembahasan mengenai Cara Membuat Bootable Windows 10 dengan mudah yang bisa Anda kerjakan atau lakukan . semoga dengan mengikuti panduan ini Anda sudah merasa bingung lagi .

Sekian dari saya , sampai jumpa lagi di lain waktu . terimakasih .

PRODUK MURAH DAN TERLARIS DI SHOPPE , DAPATKAN PROMONYA DISINI , KLIK GAMBAR DI BAWAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *