Cara Membuat Subtitle Film Otomatis Mudah dan Sederhana

By |

Menonton film dari luar negeri, tentu akan sangat membutuhkan cara membuat subtitle film otomatis agar dapat memahami jalan ceritanya. Apalagi jika Anda tidak mengerti bahasa asing yang ada di dalamnya.

Sementara, bukan hanya dari dalam negeri namun cerita-cerita dari barat maupun drama Korea cukup digandrungi. Sayangnya tidak semua orang Indonesia dapat mengerti bahasa Inggris apalagi bahasa Korea.

https://www.amberscript.com/en/

Bukan hanya untuk menerjemahkan bahasa asing saja, subtitles ternyata juga berguna bagi yang mengandalkan tulisan untuk mengikuti alur cerita. Oleh karena itu, subtitles menjadi sangat penting ada ketika menonton film favorite.

Sayangnya, ada sebagian orang yang tidak mengerti bagaimana cara membuat subtitle film secara otomatis. Padahal ada beberapa langkah mudah yang dapat dicoba seperti pada pembahasan berikut.

Cara Membuat Subtitle Film Otomatis Menggunakan Aplikasi

Beberapa dari Anda mungkin mencari cara membuat subtitle film secara otomatis agar lebih mudah mengikuti jalan cerita dengan bahasa asing. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat digunakan.

1. Kapwing

Kapwing merupakan salah satu situs yang memberikan fitur cara membuat subtitle film otomatis cukup mudah dan dapat diakses secara gratis. Selain tidak ada watermark juga, kelebihannya juga penggunaannya yang sederhana juga cepat.

Baca Juga   Cara Membuka Akun Facebook yang Dinonaktifkan dengan Mengajukan Banding

Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka aplikasi tersebut melalui brower pada HP maupun PC. Jika sudah masuk dalam beranda, tinggal masuk menggunakan Gmail selanjutnya klik New Content dan langsung upload video yang diinginkan.

Jika sudah terupload, Anda tinggal klik bagian subtitles dan scrol di bagian paling bawah dan pilih auto generate dan pilih bahasa yang diinginkan dan kembali klik Auto Generate. Setelah itu, setelah muncul terjemahan tinggal mengatur tampilan lalu done dan export.

2. Veed.io

Veed.io menjadi platform berikutnya yang dapat digunakan untuk memunculkan terjemahan. Beberapa kelebihannya seperti dapat mengatur subtitles hanya dalam hitungan detik saja, juga terpapat style. Selain itu, semua jenis video dapat menggunakan Veed.io.

Penggunaannya cukup dengan membuka situs veed.io hingga semua fitur terbuka. Selanjutnya seret video ke badan website dan pilih auto pada menu subtitle. Jika proses sudah selesai, maka Anda dapat mereview sebelum mendownloadnya.

3. Maestra

Kelebihan dari Maestra karena menyediakan hingga 50 bahasa asing dan tidak hanya untuk video saja, namun juga audio. Selain itu, jenis format apapun dapat dibaca dengan menggunakan salah satu aplikasi terjemahan otomatis ini.

Baca Juga   Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri saat Di Charger

Jika dalam beberapa aplikasi memiliki masalah dalam hal format video tidak mendukung, berbeda halnya dengan Maestra. Bukan hanya untuk film saja, Anda juga dapat promosi atau untuk kegiatan sehari-hari dengan tools ini.

4. Aegisub

Aegisub menjadi salah satu cara membuat subtitle film yang cukup banyak digunakan karena kelengkapan dari fitur yang ada di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa mengatur tampilan mulai dari warna, font, dan lainnya.

Biasanya warna-warna beragam pada terjemahan banyak digunakan oleh penonton anime agar tidak terkesan formal. Oleh karena itu, Aegisub menjadi aplikasi yang cocok untuk digunakan.

5. Amberscript

Situs ini juga menjadi salah satu rekomendasi untuk menambahkan terjemahan pada film. Cara penggunaannya juga mudah dan fitur editing di dalamnya lengkap. Meski tidak gratis, namun Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menggunakannya.

Kelebihan dan Kekurangan Subtitle Film Otomatis

Kelebihan dan kekurangan dari cara membuat subtitle film otomatis dapat dibandingkan dengan cara manual. Berbeda dengan otomatis, cara manual adalah dengan menambahkan tiap terjemahan satu per satu dan menyesuaikannya dengan jam, menit, dan detik video.

Baca Juga   Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo

Menggunakan terjemahan dengan otomatis memiliki kelebihan dalam hal waktu, sebab lebih efektif dan cepat. Dalam hitungan menit saja, dialog dalam video sudah dapat diterjemahkan dan dinikmati.

Berbeda halnya dengan cara manual yang membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu, Anda juga perlu untuk menguasai bahasa asing yang akan diterjemahkan lalu mengetiknya dialog demi dialog.

Sementara itu, kekurangan menggunakan cara membuat subtitle otomatis adalah pada keakuratan. Terjemahan kemungkinan akan muncul tidak sesuai harapan karena banyaknya kesalahan bahasa, juga terkadang terlalu baku sehingga menganggu.

Selain itu, karena terbatas maka terkadang software ini tidak dapat menerjemahkan jika dalam satu video dengan beberapa bahasa asing. Sebaliknya dengan menggunakan manual akan jauh lebih akurat dan bisa menyesuaikan terjemahan di dalam video.

Terjemahan menjadi sangat penting untuk menikmati jalan cerita film dengan bahasa asing. Oleh karena itu cara membuat subtitle film otomatis dapat dicoba karena cukup mudah dan bisa menerjemahkan cukup banyak bahasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.