Cara Membuka Backup Whatsapp Di Google Drive Anti Gagal

Cara Membuka Backup Whatsapp Di Google Drive – Secara berkala aplikasi WhatsApp melakukan pencadangan database ke Google Drive si pemilik akun. Database yang telah dicadangkan ke Google Drive juga dapat dicek pengguna langsung ke Google Drive baik melalui PC, laptop maupun ponsel. Kali ini kita akan membahas cara membuka backup WhatsApp di Google Drive PC atau laptop.

Data backup memang sangat penting agar file yang tersimpan tidak hilang saat anda memperbarui akun whatsapp ke versi baru . anda tinggal memulihkan pencadangannya saat melakukan instalasi aplikasi whatsapp .

Cara Membuka Backup Whatsapp Di Google Drive Anti Gagal
Cara Membuka Backup Whatsapp Di Google Drive Anti Gagal

Untuk anda yang ingin tahu di mana letak data backup whatsapp , anda bisa mengikuti panduan yang akan saya bagikan di bawah ini .

Cara Membuka Backup Whatsapp Di Google Drive

Untuk mengantarkan pengguna ke folder pencadangan WhatsApp ada 5 langkah yang harus dilakukan. Detail tutorial lengkapnya akan diulas di bawah ini.

1. Login ke Akun Gmail

Sebelum mulai mengecek backup WhatsApp melalui halaman browser PC atau Laptop, pengguna harus login ke halaman Gmail lebih dahulu. Email yang dimasukkan adalah sesuai dengan yang terdaftar pada ponsel tempat akun WhatsApp berada. Apabila login berhasil halaman utama akan ditampilkan. Halaman ini berisi email masuk dan keluar pengguna. Selanjutnya lanjut ke tahap kedua.

Baca juga : cara memindahkan whatsapp ke hp baru

2. Buka Google Drive Pada Fitur Aplikasi Google

Kemudian pengguna harus masuk ke halaman Google Drive dengan cara memilih opsi menu Aplikasi Google. Menu ini berada tepat di sebelah halaman profil dan memilih tampilan berupa titik-titik yang berbentuk persegi. Ketika menu tersebut dipilih akan tampil beberapa fitur yang dikembangkan Google. Seperti Google Meet, Maps hingga Google Drive.

Pengguna dapat mengakses semua fitur yang ada di halaman Aplikasi Google. Bahkan beberapa fitur akan menampilkan riwayat akses penggunanya pada fitur tersebut. Pilih fitur Google Drive yang berlambang segitiga untuk masuk ke backup WhatsApp.

3. Pilih Penyimpanan

Tutorial cara membuka backup WhatsApp di Google Drive yang ketiga berfokus pada halaman utama Google Drive. Di tab bar sebelah kiri ada beberapa menu yang ditampilkan. Dari Drive Saya, Komputer, Dibagikan Kepada Saya hingga paling bawah adalah menu Penyimpanan dengan lambang awan (cloud).

Menu-menu yang ada di tab bar sebelah kiri menunjukkan klasifikasi penyimpanan berdasarkan asal dokumen. Pada menu Dibagikan Kepada Saya misalnya, di situ pengguna dapat melihat daftar dokumen yang dibagikan pengguna lain ke drive miliknya. Lalu menu manakah yang dipilih? Menu yang kali ini kita pilih adalah yang berada di paling akhir, yaitu penyimpanan.

Baca juga : cara melihat backup whatsapp di google drive

4. Masuk ke Folder Cadangan

Setelah menu penyimpanan dipilih pengguna akan menemukan daftar file yang disimpan di dalam database Google Drive. Pada pojok kanan atas di dekat nama folder terdapat sebuah menu yaitu menu Cadangan. Biasanya menu ini hadir di sebelah menu about dan memiliki warna biru. Klik menu tersebut.

Menu Cadangan akan membawa penggunanya pada folder penyimpanan WhatsApp. Cadangan database WhatsApp ini dapat berasal dari ponsel yang berbeda-beda, asalkan alamat email yang didaftarkan tetap sama. Jadi bagi pengguna yang ingin memasukkan cadangan WhatsAppnya bersama dengan data cadangan WhatsApp di ponsel lama, cukup masukkan daftarkan ponsel dengan alamat email yang sama seperti ponsel lama.

5. Cek Cadangan WhatsApp

Folder cadangan akan menampilkan daftar cadangan WhatsApp yang telah masuk ke Google Drive email tersebut. Terdapat keterangan nama serta tanggal terakhir pencadangan dilakukan untuk setiap database yang masuk. WhatsApp dapat melakukan pencadangan otomatis secara berkala. Pengaturan pencadangan otomatis ini dapat diakses melalui aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel.

>

Untuk mengecek detail masing-masing pencadangan caranya cukup mudah. Cukup klik kanan pada cadangan yang ingin dilihat detailnya kemudian klik Pratinjau. Pengguna akan ditampilkan detail ringkas dari cadangan WhatsApp yang dipilih. Mulai riwayat panggilan yang terakhir dicadangkan, sampai dengan detail terakhir chat dicadangkan.

Cadangan WA di Google Drive tidak bisa dibuka

Ada kalanya saat anda mengecek cadangan wa di google drive tidak bisa di buka . hal ini di karenakan ada beberapa sebab yang mungkin terjadi di antaranya adalah tidak adanya koneksi internet , nomor telepon sudah di ganti .

Bisa juga di karenakan anda telah berganti akun google anda yang secara otomatis akun google drivenya tentunya berbeda .

Kesimpulan

Tutorial di atas dapat menjadi panduan bagi pengguna  yang ingin mengecek informasi apakah cadangan WhatsAppnya secara berkala. Tak ada salahnya mengecek cadangan WhatsApp untuk memastikan jika database WhatsApp kita aman dan telah masuk ke Google Drive. Jadi segeralah mempraktikkan cara membuka backup WhatsApp di Google Drive tersebut.

Sekian yang bisa saya bagikan semoga bisa berguna untuk pengetahuan anda . terimakasih atas perhatiannya dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *