Cara Menambah VRAM Intel HD untuk Main Game Berat

By | Juni 4, 2022

Cara menambah VRAM intel HD akan sangat berguna dalam meningkatkan kualitas grafis perangkat komputer atau laptop. VRAM sendiri merupakan memori komputer yang berfungsi menyimpan data grafis ke GPU untuk dirender dari gambar ke monitor.

VRAM yang besar tidak hanya berguna untuk meningkatkan performa 3D pada game. Namun juga bisa dipakai dalam fitur 3D Photoshop. Sehingga menjadi lebih lancar dalam kegiatan desain grafis.

Cara menambah VRAM intel HD

2 Cara Menambah VRAM Intel HD

Masih banyak orang yang berpikir bahwa VRAM tidak dapat diubah. Namun sebenarnya, hal ini dapat dilakukan dengan catatan perangkat Anda mendukungnya. Anda bisa mencoba dua tutorial pada artikel ini.

Cara Menambah VRAM Intel HD Menggunakan BIOS

VRAM yang ada pada Intel sebenarnya dapat mencapai angka 64GB. Namun, Intel HD menerapkan Shared Memory yang mana besar VRAM akan berpengaruh pada besar RAM. Apabila perangkat Anda mendukung BIOS, maka bisa memakai BIOS.

Apabila mengatur VRAM memakai BIOS, Anda cukup mencari BIOS dan mengubah ukuran sesuai keinginan. Setelah itu, cukup klik selesai. Secara detail, Anda bisa menyimak langkah-langkah di bawah ini.

1. Hidupkan Komputer atau Laptop

Langkah pertama tentu saja hidupkan perangkat terlebih dahulu. Anda tidak perlu menyerahkan urusan ini pada tempat service komputer. Cukup lakukan secara mandiri di rumah.

Baca Juga   5 Cara Melihat Video yang Disembunyikan di YouTube

Baca juga : Cara merefresh laptop yang hang dengan mudah

2. Mencari Pengaturan BIOS

Umumnya, pengaturan BIOS dapat ditemukan dengan cara klik F2 atau F10. Namun hal ini bisa berbeda untuk setiap merek komputer atau laptop.

3. Menemukan Menu Chipset Configuration

Apabila sudah bisa mengakses menu BIOS, lanjutkan dengan mencari pilihan Chipset Configuration. Dalam menu tersebut tersedia opsi Intel HD Graphics Shared Memory. Pada bagian inilah Anda dapat mengubah besaran VRAM sesuai keinginan.

Cara menambah VRAM intel HD melalui BIOS ini mungkin tidak akan bisa dilakukan apabila motherboard komputer atau PC Anda tidak mendukung BIOS. Tidak hanya itu, ada juga motherboard yang mengunci nilai VRAM sehingga angka tidak dapat dinaikkan.

Jadi, apabila Anda bertanya apakah semua jenis PC atau laptop dapat dinaikkan VRAM. Hal, ini bergantung dari manufaktur motherboard perangkat. Umumnya, besaran bawaan paling tinggi ialah 128MB.

Cara Menambah VRAM Intel HD Menggunakan Registry

Menambah Video RAM (VRAM) memang sangat berguna bagi gamer atau desainer. Karena mampu menyimpan data gambar pada display komputer. Seperti disinggung sebelumnya, tujuannya adalah untuk menghaluskan tampilan grafis.

Baca Juga   Aplikasi Penambah Followers Tik Tok

Sebelum menaikkan angka, Anda juga bisa melihat besaran yang sudah ditetapkan oleh perangkat. Cara melihatnya cukup mudah dan dapat dilakukan secara mandiri. Simak caranya berikut ini.

  • Mengaktifkan Running Box

Langkah pertama ialah mengaktifkan running box terlebih dahulu. Caranya klik Start + R kemudian ketik ms-settings:easeofaccess-display. Pada windows 7 atua 8, bisa memasukkan dpiscalling selanjutnya kik enter melalui keyboard.

  • Display Adapter Properties for Display 1

Langkah berikutnya ialah mencari menu Display Adapter Properties for Display 1. Pertama, Anda cari dahulu menu Advanced Display Settings. Baru setelah itu akan menemukan opsi Display Adapter Properties for Display 1.

Baca juga : Cara melihat tipe laptop tanpa aplikasi

  • Dedicated Video Memory

Langkah selanjutnya ialah mengakses Adapter Information kemudian melihat informasi di bagian Dedicate Video Memory. Pada menu tersebut, tertera informasi PC yang sedang Anda pakai. Apabila sudah mengetahui besarannya, Anda bisa mencoba cara menaikkan VRAM berikut.

  • Mengakses Registry Editor

Langkah pertama adalah mengakses Registry editor. Anda bisa mengakses menu Registry editor ini dengan cara tekan tombol Windows + R. Lalu ketik regedit dan tekan enter pada keyboard komputer atau laptop.

Baca Juga   Cara menghubungkan speaker bluetooth ke pc windows 7 , 8 ,10
  • Membuat GMM

Langkah berikutnya adalah menunggu sampai jendela baru muncul. Lalu, klik folder “HKEY_LOCAL_MACHINE”. Berikutnya pilih folder SOFTWARE. Lakukan klik kanan pada Folder Intel, kemudian pilih NEW-> Key, ketikkan nama GMM.

  • Menaikkan Angka VRAM

Langkah berikutnya ialah klik kanan pada folder GMM, pilih New->DWORD (32 Bit) Value ->Beri nama DedicatedSegmentSize. Selanjutnya klik kanan pada DedicatedSegmentSize, pilih Modify. Pilih decimal, isi Value dengan melihat ukuran RAM.

Umumnya angka yang dipakai adalah seperempat dari RAM. Misalnya RAM sebesar 2GB, maka isi dengan 512. Apabila RAM sebesar 4GB, maka isi dengan angka 1024. Klik Ok. Terakhir, lakukan restart pada komputer atau laptop Anda.

Ketika membeli perangkat, sudah pasti setiap orang ingin mendapatkan performa tinggi. Akan tetapi, ketika menaikkan VRAM terlalu tinggi namun GPU tidak mendukung, hasilnya tidak akan maksimal. Sehingga angka yang dipakai harus menyesuaikan kemampuan GPU.

Terdapat beberapa cara yang bisa dipakai untuk menaikkan angka VRAM. Sehingga tampilan grafis menjadi lebih berkualitas. Namun, cara menambah VRAM intel HD yang terbilang aman adalah memakai Registry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.