Cara Mengaktifkan Internet Download Manager

By |

Cara mengaktifkan Internet download manager atau sering juga disebut IDM sebenarnya tidak terlalu sulit dan sudah banyak yang mencobanya. Sebab aplikasi ini memang sangat membantu untuk mengunduh berbagai file di internet.

Selain itu, menggunakan IDM merupakan salah satu opsi paling mudah dan cepat. Penggunaannya juga cukup sederhana sehingga memudahkan penggunanya menggunakan fitur yang ada.

Cara mengaktifkan Internet download manager

Meski demikian, terkadang memerlukan integrasi Internet Download Manager ini pada browser seperti Chrome. Dengan begitu, IDM akan muncul dan pengunduhan bisa dilakukan. Itu hal itu sendiri, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan.

Mengenal Terlebih Dahulu Internet Download Manager

Sebelum masuk pada pembahasan cara mengaktifkan internet download manager, ada baiknya untuk mengenal software IDM itu sendiri. Dengan begitu, Anda akan tahu fungsi dan juga kelebihannya.

Fungsi pertama dari platform ini adalah mempermudah pekerjaan serta mempersingkat waktu. Jenis file yang dapat diunduh dengan menggunakan software ini juga bermacam-macam, mulai dari video hingga mp3.

Baca juga : cara mengetahui password di google chrome

Jika jaringan tiba-tiba saja lemot atau terhenti, Anda dapat kembali meneruskan download ketika sudah kembali tersambung. Dengan begitu tidak perlu lagi mendownload file dari awal yang tentu saja menimbulkan emosi.

Baca Juga   Cara Memperbaiki File yang Corrupt dan Tips Mencegahnya

Menjadi salah satu software pengunduhan terbaik saat ini, sehingga banyak yang mencari cara mengaktifkan internet download manager. Hal ini tentu saja tidak lepas dari beberapa keunggulannya.

Keunggulan pertama adalah kecepatan mendownload file menjadi lebih cepat, bahkan hingga lima kali lipat jika dibandingkan mengunduh dengan cara biasa. Hal ini karena adanya dukungan dari Teknologi Intelligent Dynamic File.

Kedua adalah fitur resume download yang menjadi fitur paling diminati oleh pengguna karena memungkinkan melanjutkan download yang terhenti. Fitur ini juga menjadi yang terbaik untuk mengatasi proses downloading yang mengalami permasalahan tidak terduga.

Selanjutnya adalah dapat mengatur waktu untuk melakukan downloading. Cara ini juga bisa memungkinkan Anda untuk meninggalkan laptop dalam keadaan hidup dan IDM masih akan tetap bekerja.

Terakhir adalah risiko virus menjadi lebih kecil karena software ini memiliki antivirus. Untuk melindungi dari berbagai malware berbahaya, fitur ini menjadi sangat membantu kesehatan dari perangkat.

Baca juga : 6 cara mengatasi situs tidak dapat di jangkau di google chrome

Baca Juga   Simple ! Inilah 5 Cara Membuka File PDF yang Terkunci

Cara Mengaktifkan Internet Download Manager

Ada beberapa tahapan untuk caranya mengaktifkan internet download manager dengan cukup mudah dan sederhana agar dapat tersinkron dengan browser. Berikut adalah tahap-tahap dan penjelasannya.

1. Mengunduh IDM

Cara mengaktifkan internet download manager yang pertama sudah tentu adalah mengunduh IDM. Anda bisa langsung membuka website dan klik Try Internet Download Manager for Free.

Tunggu beberapa saat sampai semua berkas IDM terunduh di perangkat Anda. Tidak perlu membutuhkan waktu lama karena ukurannya tidak terlalu besar, hanya sebesar 7 Mb saja. Setelah itu, barulah mulai instalasi.

Caranya adalah dengan klik sebanyak 2 kali file ekstensi pada IDM hingga muncul jendela untuk menginstall. Klik next menuju halaman persetujuan, centang kotak dengan klik jika Anda setuju dengan semua aturannya.

Setelah itu, Anda akan diminta menempatkan file instalasi. Secara default, file ini akan masuk pada Drive C, namun Anda dapat juga menyesuaikan sesuai kebutuhan. Klik next hingga proses dimulai. Setelah selesai, tinggal klik finish.

2. Integrasi IDM dalam Google Chrome

Setelah mendownload dan install, cara mengaktifkan internet download manager selanjutnya adalah mengintegrasi dengan Google Chrome. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mengunduh file di browser.

Baca Juga   5 Cara Membuka Kunci Aplikasi HP

Pertama adalah dengan membuka kolom option pada aplikasi hingga keluar jendela baru. Nanti ada pilihan General di mana terdapat layanan setting, termasuk untuk mengintegrasi Internet Download Manager pada Chrome.

Centang pilihan Advance Integration yang berada pada bagian paling bawah, kemudian centang Chrome. Sebelum mencentang kolom ini, tidak mengherankan jika tidak terintegrasi dengan browser tersebut.

Jika tidak muncul tulisan Chrome, maka dapat mengklik Add Browser dan kemudian pilih browser sesuai keinginan. Kemungkinan besar, IDM akan muncul pada browser. Namun jika belum muncul bisa melakukan cara selanjutnya.

3. Menampilkan IDM pada Chrome

Pertama adalah dengan memasang ekstensi yang merupakan cara paling bisa diandalkan untuk memunculkan IDM pada browser untuk dipakai. Jika tidak, Anda dapat mengupdatenya. Cara terakhir adalah dengan menginstal ulang.

Mendownload memang dapat dilakukan dengan cara biasa, namun lebih lambat dan tidak dapat menghindari virus. Oleh karena itu cara mengaktifkan internet download manager bisa digunakan agar mengunduh file bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.