7 Cara Mengatasi Kartu SD yang Rusak dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Kartu SD yang Rusak – Kartu SD menjadi hal terpenting dalam penyimpanan data. Walaupun bentuknya kecil, kartu SD dapat menyimpan memori seperti gambar, video, musik, dan data lainnya. Namun, kartu SD sering terjadi kerusakan seperti tidak bisa membaca data, terkena virus, ataupun kerusakan pada penggunaannya.

Saat kartu SD mengalami kerusakan maka akan membuat pengguna menjadi bingung dan takut kehilangan data yang tersimpan dalam memori kartu SD tersebut .

Cara Mengatasi Kartu SD yang Rusak dengan Mudah dan Cepat
Cara Mengatasi Kartu SD yang Rusak dengan Mudah dan Cepat

Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa di lakukan untuk memperbaiki kartu sd yang rusak . tentunya jika hal yang telah saya bagikan ini tetap tidak berhasil . maka jalan satu – satunya adalah membeli kartu sd yang baru .

Cara mengatasi kartu sd yang rusak

Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki kartu sd yang rusak , di antaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Restart Smartphone

Sering terjadi ketika ingin memasukkan kartu SD ke dalam HP data tidak bisa terbaca. Hal ini karena HP belum siap dan belum bisa mendeteksi perangkat yang masuk. Caranya adalah matikan smartphone dan lepas kartu SD yang ada di dalamnya. Tunggu sekitar 10 menit lalu pasang kartu SD dan nyalakan kembali.

Baca juga : Beberapa fungsi ram pada laptop dan jenisnya

2. Cek Slot Kartu

Jika pada smartphone utama kartu SD masih tidak bisa terbaca, maka cobalah ganti smartphone lainnya. Jika pada HP lainnya kartu SD bisa terbaca, maka dipastikan ada masalah pada slot kartu memori di HP utama. Namun, jika pada HP kedua juga bermasalah, berarti terjadi kerusakan pada kartu SD tersebut.

3. Sambungkan Pada Komputer atau Laptop

Cara lain yang bisa digunakan adalah sambung kartu SD dengan card reader ke perangkat komputer atau laptop. Kemudian cari kartu SD apakah bisa terbaca atau tidak. Jika masih tidak bisa terbaca, buka menu Explorer klik kanan pada drive kartu SD, kemudian Properties, Tools, dan Error Checking dan lihat hasilnya.

4. Membersihkan Tembaga Kartu SD

Kartu SD yang tidak bisa terbaca bisa saja terjadi karena tembaga kartunya yang kotor. Cara mengatasi kartu SD yang rusak seperti ini dapat dilakukan dengan membersihkan badan kartu SD. Gunakan tisu untuk mengelap kartu SD yang kotor. Jika tembaga kotor pekat, gunakan penghapus dan gosokkan ke badan kartu SD.

5. Kunjungi Service Center Terdekat

Terkadang bukan hanya kartu SD saja yang rusak, tetapi HP juga bisa menjadi permasalahan dalam slot kartu memori. Sebaiknya kunjungi service center terdekat untuk mengetahui apakah HP bermasalah atau tidak. Kunjungi pula service center kartu SD untuk mengetahui bagian mana yang rusak. Apakah data bisa dikembalikan atau tidak.

Terkadang penyebab rusaknya kartu memori bisa terletak pada kesalahan pengguna dalam pemakaiannya. Terlalu sering memindahkan kartu SD ke perangkat lain juga memungkinkan resiko kerusakan pada kartunya. Kemudian, bisa saja terkena virus yang sering terjadi saat sedang mengunduh di internet, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

6. Gunakan Aplikasi MiniTool Partition Wizard

MiniTool Partition Wizard merupakan aplikasi yang ada di komputer. Aplikasi ini mampu melakukan scanning partisi untuk mengecek rusak atau tidaknya kartu SD. Nantinya, MiniTool akan melakukan perbaikan partisinya jika ada kerusakan. Setelah itu, kartu SD bisa digunakan kembali.

7. Format Kartu SD

Jika cara diatas tidak berhasil, maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah memformat kartu SD melalui smartphone. Perlu diingat bahwa memformat kartu SD berarti file yang dimiliki akan terhapus seluruhnya dan tidak bisa dipulihkan kembali. Pastikan memiliki data cadangan sebelum memformat kartu SD.

Cara memformat kartu SD melalui Android adalah pasang kembali kartu SD ke dalam HP. Pilih menu Pengaturan, Penyimpanan, dan Penyimpanan Portabel. Pilih drive kartu SD. Selanjutnya, Pengaturan Penyimpanan, Format, Hapus dan Format. Tunggu sampai proses format selesai. Dan cek kartu SD apakah masih bermasalah atau tidak.

>

Pada umumnya, kerusakan kartu SD bisa terjadi karena kesalahan pengguna maupun karena virus yang diunduh lewat internet. Cara mengatasi kartu SD yang rusak bisa dilakukan dengan cara yang mudah asalkan sesuai dengan langkah yang benar agar terhindar dari hilangnya data. Pastikan selalu menyimpan file penting sebelum melakukan format kartu SD.

Kesimpulan

Demikianlah sobat jayaherlambang.com panduan bagaimana cara memperbaiki kartu sd yang rusak yang bisa Anda coba . semoga apa yang sudah saya sampaikan di atas bisa mengatasi masalah Anda .

Sekian dari saya , terimakasih atas kunjungan Anda dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *