Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Flashdisk

By |

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di flashdisk merupakan tutorial penting untuk dipelajari. Karena kehilangan data adalah masalah umum kerap dihadapi, baik oleh pelajar maupun pekerja.

Flashdisk sendiri merupakan perangkat penyimpanan yang praktis untuk dibawa kemana saja. Benda ini juga dapat disambungkan ke berbagi perangkat mulai dari smartphone hingga PC.

Namun karena kemudahannya ini, data justru rentan terhapus. Baik karena kecerobohan maupun serangan virus dari perangkat. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara untuk mendapatkan kembali file yang terhapus.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Flashdisk Memakai Command Prompt

Memunculkan kembali file hilang pada flashdisk bukan hal sulit. Akan tetapi, tidak banyak orang mengetahui cara ini. Mari menyimak cara mengembalikan file yang terhapus berikut ini.

1. Mengakses Command Prompt

Cara pertama yang bisa Anda pakai ialah command prompt. Anda cukup mengaksesnya melalui PC atau laptop tanpa perlu menginstal aplikasi khusus. Sehingga lebih efisien.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menautkan flashdisk dengan komputer atau laptop melalui port. Kemudian, klik menu Start pada bagian bawah layar dan cari Command Prompt. Caranya klik keyboard Windows + R.

Baca Juga   Tutorial Belajar fbs Buat Pemula Dan Buat Akun Demo

Setelah muncul kotak pencarian, cara mengembalikan file yang terhapus permanen di flashdisk berikutnya ialah ketikkan CMD dan klik enter. Akan muncul kotak hitam yang menunjukkan terbukanya fitur CMD pada PC atau laptop Anda.

2. Memasukkan Lokasi Flashdisk

Setelah tampil kotak hitam pada layar, Anda perlu memasukkan perintah. Yakni dengan mengetikkannya di samping tulisan “C:windowssystem32cmd.exe”. Perintah ini berupa lokasi flashdisk, misalnya pada G maka ketikkan G.

3. Memasukkan Perintah ATTRIB

Berikutnya akan muncul tulisan “C:Users>G:-“. Anda perlu klik enter terlebih dahulu. Baru kemudian memasukkan perintah lagi. Perintah ini berupa tulisan “ATTRIB*.*-S-H-R?S.D” kemudian klik enter.

4. Cek Flashdisk

Langkah berikutnya ialah melihat penyimpanan flashdisk Anda. Lihat apakah data yang sudah terhapus sudah muncul kembali. Cara ini sangat praktis dan mudah untuk dilakukan. Anda hanya harus tepat dalam memasukkan perintah ke Command Prompt.

Apabila Anda cukup sering kehilangan data, maka bisa menyimpan tutorial ini pada komputer atau smartphone. Sehingga bisa langsung melihat kombinasi perintah Command Prompt ketika membutuhkannya.

Baca Juga   Download Software Pembuat Aplikasi Bergerak 3D Terbaik 2022

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Flashdisk Memakai Aplikasi

Apabila Anda enggan memasukkan perintah atau kode melalui Command Promt, bisa memakai cara lain. Yakni mengunduh aplikasi. Cara ini terbilang sederhana karena cukup memilih menu yang tersedia di dalamnya.

1. Mengunduh Aplikasi Pandora

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam tutorial ini adalah mengunduh aplikasi Pandora. Kemudian, lakukan install pada perangkat PC atau laptop dengan benar. Selanjutnya masukkan flashdisk pada PC.

2. Akses Menu Start Disk Surface Scan

Langkah berikutnya ialah membuka aplikasi Pandora dan memilih drive sebagai lokasi flashdisk yang ingin dikembalikan file-nya. Kemudian, klik Start Disk Surface Scan. Fitur ini akan menemukan file hilang.

3. Pilih Ikon Recovery

Selanjutnya Anda perlu menekan ikon recovery. Setelah itu, file yang sebelumnya terhapus akan muncul dalam flashdisk Anda. Tutorial ini sama sekali tidak sulit untuk diterapkan.

4. Mengunduh Aplikasi Recuva

Apabila Anda kesulitan menemukan aplikasi Pandora, bisa mencoba aplikasi lain yakni Recuva. Tutorial penggunaan Recuva ini sama mudahnya dengan Pandora. Jadi tidak perlu khawatir akan kesulitan menggunakannya.

Baca Juga   Cara Download Lagu di Browser dengan Cepat dan Mudah

5. Klik Opsi All Files

Setelah mengunduh dan menginstall Recuva, masukkan flashdisk ke perangkat Anda. Berikutnya pilih menu All Files dan klik Next. Anda akan dihadapkan pada pilihan File Location.

6. Lokasi Flashdisk

Ketika Anda menemui menu File Location, klik In Specific Location dan cari lokasi flashdisk melalui Browse. Pilih Drive USB Flashdisk dan tekan Next. Berikutnya ialah centang opsi Enable Deep Scan dan tekan Start.

7. Scan

Recuva akan melakukan proses scanning. Apabila sudah selesai, akan muncul file dengan warna hijau, kuning dan merah. Warna hijau menunjukkan bahwa file dapat dikembalikan. Warna kuning menunjukkan kemungkinan file rusak. Warna merah menunjukkan file tidak bisa dikembalikan.

8. Kembalikan File

Langkah terakhir adalah mengembalikan file dengan cara centang kotak File kemudian klik Recover. Maka file yang sudah terhapus sebelumnya akan muncul kembali.

Banyak sekali orang mengalami kehilangan file namun tidak tahu cara mendapatkannya kembali. Padahal, cara mengembalikan file yang terhapus permanen di flashdisk sangat mudah, cukup melalui Command Prompt atau aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.