Cara Mengembalikan Instagram Yang Di Hack

Ada beberapa hal yang membuat panik seperti menemukan bahwa akun instagram Anda telah dikunci. Dan saya harus tahu bagaimana cara mengembalikan instagram yang di hack tersebut  

Awal tahun ini, akun Instagram teman baik saya diretas. Penipu menguncinya, mengatur ulang kata sandinya, dan mulai menjalankan penipuan kripto pada pengikutnya. Itu adalah mimpi buruk yang membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk diselesaikan. 

Sayangnya, peretasan Instagram telah meningkat setiap tahun sejak 2016. Tahun lalu saja, ada lebih dari satu juta kasus pengambilalihan akun media sosial (ATO) – hampir dua kali lipat jumlah dari tahun sebelumnya .

Akun Instagram yang diretas lebih dari sekadar gangguan. Jika penipu mendapatkan akses ke akun Anda, mereka dapat memanen informasi pribadi Anda untuk digunakan untuk pencurian identitas, menyamar sebagai Anda dan menghancurkan reputasi online Anda, atau menipu teman dan keluarga Anda – dan itu bahkan tidak mempertimbangkan kerugian finansial yang dapat ditimbulkan jika akun perusahaan, influencer, atau bisnis Anda diretas. 

Jika Anda tidak dapat masuk ke akun Anda atau melihat tanda-tanda bahwa akun Anda telah diretas, bertindaklah cepat dan ikuti langkah-langkah cara mengembalikan instagram yang di hack yang akan saya bagikan berikut ini. 

#Cara mengetahui akun instagram yang di hack

Tanda yang paling jelas bahwa akun Instagram Anda telah diretas adalah login dan kata sandi Anda tidak lagi berfungsi. Jika ini terjadi pada Anda, seorang peretas mungkin telah mendapatkan akses ke akun Anda dan mengunci Anda. Anda harus mengikuti langkah-langkah cara mengembalikan instgram yang di hack di bawah ini untuk mendapatkan kembali akun Instagram Anda. 

Terkadang penipu tidak ingin Anda tahu bahwa mereka telah meretas akun Anda. Dalam kasus ini, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa orang lain memiliki akses ke akun Instagram Anda sebelum anda melangkah ke cara mengembalikan instagram yang di hack

1. Email akun anda telah berubah 

Jika Anda menerima email pengaturan ulang kata sandi yang tidak Anda minta, itu berarti orang lain mencoba masuk ke akun Anda. Lebih buruk lagi, itu bisa berarti bahwa mereka telah meretas akun email Anda dan menggunakannya untuk mendapatkan akses ke akun Anda yang lain. 

Jangan abaikan email-email ini. Sebaliknya, pastikan semua kata sandi akun Anda diperbarui dan aman, dan aktifkan otentikasi dua faktor (2FA) dengan aplikasi autentikator seperti Google Authenticator jika memungkinkan.

Jika Anda mendapatkan email dari Instagram yang mengatakan bahwa email Anda telah diubah, berarti akun Anda telah diretas. Pada titik ini, penipu telah mendapatkan akses ke akun Anda dan mencoba mencegah Anda mengubah kata sandi Instagram Anda untuk masuk kembali.

Anda harus menolak perubahan dari akun email asli yang terkait dengan akun Instagram Anda.

NOTE : Pastikan bahwa pesan perubahan email bukanlah penipuan phishing. Semua email Instagram resmi harus berasal dari [email protected] Email apa pun yang berasal dari akun yang berbeda adalah penipuan. 

2. Anda mendapatkan peringatan “ upaya masuk yang mencurigakan 

cara mengembalikan instagram yang di hack
cara mengembalikan instagram yang di hack

Jika penipu mencoba masuk ke akun Anda dari lokasi yang berbeda, Instagram akan menandainya sebagai upaya login yang mencurigakan. Untuk memeriksa apakah ada orang lain yang menggunakan akun Instagram Anda, masuk ke aplikasi Instagram, lalu buka Profil > Pengaturan > Keamanan > Aktivitas Masuk.

Aktivitas Login Anda akan menunjukkan beberapa lokasi terakhir dari mana akun Anda diakses. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak dikenal, tekan “Ini Bukan Saya” dan Instagram akan keluar dari akun Anda dari perangkat itu.  

Jika Anda menggunakan Instagram di komputer desktop, Anda dapat memeriksa Aktivitas Login Anda di bawah Profil > Pengaturan > Aktivitas Login.

3. Teman dan pengikut menerima pesan aneh dari anda 

Salah satu alasan penipu tidak ingin Anda tahu bahwa mereka telah meretas akun Instagram Anda adalah karena mereka ingin menipu teman-teman Anda. Peretas Instagram akan sering mengirim pesan ke teman-teman Anda dengan tujuan mencuri informasi login mereka atau membuat mereka berinvestasi dalam skema kripto penipuan. 

4. Akun anda memposting dan mengomentari sendiri 

Jika teman Anda menghubungi dan memberi tahu Anda bahwa mereka telah menerima pesan aneh dari Anda, segera periksa aktivitas akun Anda.

Jika Anda melihat notifikasi aneh tentang postingan atau komentar yang tidak Anda ingat pernah Anda tulis, berarti akun Anda telah di hack. Seorang penipu membuat postingan dan komentar dengan berpura-pura menjadi Anda – kemungkinan besar dengan harapan dapat menipu lebih banyak teman dan pengikut Anda. 

Cara mengembalikan instagram yang di hack

Jika Anda mengenali salah satu tanda peringatan di atas, jangan panik. Ada langkah-langkah spesifik yang dapat Anda ambil untuk memulihkan akun instagram Anda dan cara mengembalikan instagram yang di hack mengamankannya dari peretas yang akan saya bagikan untuk anda .

Tetapi pertama-tama: Jika akun Instagram Anda telah diretas, para penipu dapat menggunakan detail pribadi Anda untuk masuk ke layanan lain, termasuk email dan perbankan online Anda. 

Jika Anda kehilangan akses ke akun Instagram Anda, pastikan untuk:

  • Perbarui kata sandi di semua akun Anda. Gunakan kata sandi yang aman dan unik untuk semua akun Anda — terutama jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan kembali kata sandi. Kapan pun memungkinkan, aktifkan 2FA agar peretas tidak dapat masuk ke akun Anda, meskipun mereka mengetahui kata sandi Anda.
  • Periksa laporan kredit dan laporan bank Anda secara teratur. Scammers hampir selalu mengincar akun keuangan Anda. Periksa tanda-tanda peringatan pencurian identitas — seperti tagihan aneh pada laporan mutasi bank atau rekening yang tidak Anda kenal. Layanan perlindungan pencurian identitas seperti Aura dapat memantau kredit dan laporan Anda untuk Anda dan mengingatkan Anda akan tanda-tanda penipuan. 
  • Pertimbangkan untuk mendaftar untuk perlindungan pencurian identitas. Perlindungan pencurian identitas teratas Aura memantau semua informasi pribadi Anda yang paling sensitif, akun online, dan keuangan untuk tanda-tanda penipuan. Jika seorang penipu Instagram mencoba mengakses akun atau keuangan Anda, Aura dapat membantu Anda mengambil tindakan sebelum terlambat. 

Sekarang, inilah yang harus dilakukan jika akun Instagram Anda diretas – apakah Anda masih memiliki akses ke sana atau jika peretas telah mengunci Anda. 

#Cara mengamankan akun instagram yang diretas yang masih dapat Anda akses

Jika Anda masih memiliki akses ke akun Instagram Anda, Anda biasanya dapat mengusir penyerang Anda jika Anda bergerak cepat.

Berikut adalah langkah-langkah penting yang harus diambil:

  • Periksa nomor telepon dan alamat email yang tercantum di pengaturan akun Anda. Ini adalah titik masuk utama yang memungkinkan Anda mengatur ulang kata sandi dan memulihkan akun Anda. Sebelum mencoba mengubah kata sandi, buka Pengaturan > Akun > Informasi pribadi dan pastikan penipu tidak mengubah alamat email atau nomor telepon Anda.
  • Logout dari semua sesi Instagram aktif. Buka Aktivitas Masuk Instagram Anda, dan tutup semua sesi aktif dengan memilih tiga titik di samping setiap sesi dan pilih “Keluar”. Ulangi untuk setiap sesi login yang terdaftar. Ini berarti Anda harus masuk kembali ke Instagram di ponsel, iPad/tablet, dan komputer Anda — tetapi itu adalah harga kecil yang harus dibayar untuk mengeluarkan peretas dari akun Anda. 
  • Ubah kata sandi Instagram Anda. Selanjutnya, Anda ingin mengatur ulang kata sandi Instagram Anda di bawah Profil> Pengaturan> Keamanan> Kata Sandi. Pilih kata sandi yang unik dan kuat yang panjangnya setidaknya delapan karakter dan mencakup kombinasi huruf, angka, dan simbol. 
  • Aktifkan autentikasi dua faktor (2FA). 2FA adalah tindakan keamanan tambahan yang memerlukan kode sekali pakai khusus bersama dengan kata sandi Anda untuk masuk ke akun Anda. Artinya, meskipun peretas memiliki kata sandi Anda, mereka tidak dapat masuk ke akun Anda. Untuk keamanan tambahan, gunakan aplikasi autentikator untuk 2FA daripada SMS — karena penipu dapat meretas atau mencuri ponsel Anda dan melewati langkah keamanan ekstra ini. 
  • Periksa Pusat Akun Anda . Ini adalah pengaturan Facebook yang memungkinkan Anda melihat semua akun Anda yang terkait dengan Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Jika Anda melihat akun tertaut atau aktivitas mencurigakan lainnya yang tidak Anda kenali, hapus. ‍
  • Hapus semua aplikasi pihak ketiga . Peretas mungkin dapat mengakses akun Anda melalui aplikasi pihak ketiga. Lihat aplikasi pihak ketiga yang ditautkan di bawah Pengaturan > Keamanan > Aplikasi dan situs web, dan hapus aplikasi apa pun yang tidak Anda kenali atau gunakan.

#Cara mendapatkan kembali akses ke akun Instagram yang diretas

Jika seorang peretas telah mengunci Anda dari akun Instagram Anda, itu adalah masalah yang jauh lebih sulit untuk diselesaikan. Tetapi masih ada cara agar Anda bisa mendapatkan kembali akses. 

Inilah yang harus dilakukan jika Anda telah dikunci dari akun Instagram Anda:

1. Periksa email anda untuk pesan instagram

Instagram akan mengirim email kepada Anda jika penipu (atau siapa pun) mengubah kata sandi atau email Anda. Jika Anda tidak meminta perubahan ini, Anda dapat kembali ke kata sandi lama Anda dengan mengklik “kembalikan perubahan ini” di email. 

Cari email apa pun yang dikirim dari [email protected] Pastikan untuk memeriksa folder sampah dan spam Anda. 

2. Minta tautan masuk – cara mengembalikan instagram yang di hack

Tautan login membantu memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik akun. Ini adalah tautan khusus yang dikirim ke email atau nomor telepon Anda. Berikut cara meminta tautan masuk dari Instagram:

  • Di Android: Buka Instagram dan pilih “Dapatkan bantuan untuk masuk” , lalu ikuti petunjuknya. 
  • Di iOS: Buka Instagram dan pilih “Lupa kata sandi?” dan kemudian ikuti petunjuknya.

Jika email yang terkait dengan akun Anda telah diubah, Anda ingin mengirim tautan masuk ke ponsel Anda. Jika email dan nomor telepon Anda telah diubah, Anda harus mengikuti salah satu langkah berikutnya. 

3. Minta lebih banyak dukungan atau tautan keamanan

Jika Anda terkunci dari akun Anda, Anda harus membuat permintaan dukungan khusus ke Meta (perusahaan induk Instagram dan Facebook). 

Berikut cara meminta dukungan dari halaman login Instagram:

Di Android: 

  • Ketuk “Dapatkan bantuan untuk masuk”.
  • Masukkan nama pengguna, alamat email, atau nomor telepon Anda. 
  • Ketuk “Perlu bantuan lebih lanjut?” lalu ikuti petunjuk di layar. 
  • Pilih metode kontak pilihan Anda, lalu ketuk “Kirim kode keamanan.”
  • Jika Anda tidak menerima kode, Anda perlu mengetuk “Saya tidak dapat mengakses email atau nomor telepon ini”.

Di iOS:

  • Ketuk “Butuh bantuan lebih lanjut?”
  • Pilih metode kontak pilihan Anda, lalu ketuk “Kirim kode keamanan.”
  • Jika Anda tidak menerima kode, Anda perlu mengetuk “Saya tidak dapat mengakses email atau nomor telepon ini”.

Setelah Anda mengirimkan permintaan Anda, Anda akan menerima email dari Instagram yang merinci langkah-langkah selanjutnya yang harus diambil. 

Kiat pro: Pastikan Anda menggunakan akun email yang aman untuk menerima informasi login. Jika akun email Anda telah diretas, penipu dapat melewati semua tindakan ini dan mempertahankan akses ke akun Anda. 

4. Verifikasi identitas Anda dengan Instagram

Pada akhirnya, Anda harus memverifikasi bahwa Anda adalah siapa yang Anda katakan. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk memverifikasi identitas Anda untuk mendapatkan kembali akun Instagram Anda yang diretas. 

  1. Jika akun Anda tidak memiliki foto Anda: Instagram akan menanyakan detail seperti alamat email, nomor telepon, dan jenis perangkat (iPhone, iPad, Android, dll.) yang Anda gunakan saat mendaftar akun. 
  2. Jika akun Anda memang memiliki foto Anda: Instagram akan meminta Anda untuk mengirim video selfie (di mana Anda menoleh ke sudut yang berbeda) untuk mengonfirmasi bahwa Anda adalah orang yang nyata. Instagram mengklaim video tersebut hanya untuk tujuan verifikasi dan akan dihapus dari server mereka dalam waktu 30 hari. 

Sayangnya, seluruh proses ini bisa memakan waktu berhari-hari, berminggu-minggu, dan kadang-kadang bahkan berbulan-bulan. Sebagian besar prosesnya otomatis, artinya Anda tidak dapat langsung menghubungi Instagram jika Anda mengalami hambatan. Namun, ini masih merupakan proses terbaik untuk memulihkan akun Instagram Anda yang diretas. 

Jadi, meskipun membutuhkan waktu, mengikuti langkah-langkah ini jauh lebih baik daripada membiarkan peretas memiliki kendali penuh atas akun Anda. 

Baca : 10 aplikasi hack instagram follower android yang perlu anda tahu

Bagaimana Peretas Meretas Akun Instagram Anda (Dan Cara Menghentikannya)

Setelah Anda mendapatkan kembali akses ke akun Instagram Anda yang diretas, Anda ingin memastikan bahwa penipu tidak dapat masuk kembali. 

Jadi, bagaimana mereka meretas Anda sejak awal? Berikut adalah cara paling umum yang digunakan penipu untuk mendapatkan akses ke akun Instagram Anda:

1. Serangan phishing yang mencuri informasi login Anda

Phishing adalah jenis serangan di mana penipu menyamar sebagai organisasi (atau orang) yang dikenal atau tepercaya dan membujuk korban untuk mengklik tautan berbahaya atau mengunduh lampiran berbahaya yang penuh dengan malware. 

Penipu bahkan mungkin menyamar sebagai Instagram dan mengirim email yang meminta Anda untuk mengubah kata sandi Anda, atau masuk untuk diverifikasi (ini adalah penipuan yang populer). Namun, situs web mereka benar-benar palsu dan disiapkan untuk mencuri informasi login Anda untuk pengambilalihan akun.

Waspadalah terhadap penipuan phishing Instagram yang umum, seperti:

  • “Saran” investasi Bitcoin dan pertukaran crypto khusus. 
  • Akun “dukungan” Instagram palsu.
  • Akun yang mengklaim dapat membantu akun Anda “diverifikasi”. 

2. Menggunakan kata sandi yang bocor dari pelanggaran data

Pelanggaran data telah membocorkan miliaran nama pengguna dan kata sandi. Instagram, khususnya, telah membocorkan kata sandi penggunanya. 

Setelah situs seperti Instagram diretas, email dan kata sandi tersebut akhirnya dijual di Dark Web, di mana harga rata-rata akun Instagram yang diretas hanya $45.

Peretas bahkan tidak memerlukan kata sandi Instagram Anda untuk masuk ke akun Anda. Karena 65% orang menggunakan kembali kata sandi [*], peretas akan mengambil kombinasi nama pengguna/kata sandi yang bocor dan mencobanya di akun yang berbeda, termasuk akun Instagram Anda.

Kiat pro: Mendaftarlah untuk perlindungan pencurian identitas dengan pemindaian Web Gelap. Aura secara konstan memantau Web Gelap untuk informasi pribadi Anda, termasuk login, kata sandi, atau bahkan nomor Jaminan Sosial (SSN) Anda. Jika ada akun Anda yang disusupi atau jika informasi pribadi Anda bocor, Anda akan diberi tahu sehingga Anda dapat mematikan penipu sebelum mereka dapat melakukan terlalu banyak kerusakan. 

3. Malware yang mencuri nama pengguna dan kata sandi Anda

Jika Anda mengklik tautan dalam email spam atau pesan teks penipuan, ada kemungkinan besar perangkat Anda akan terinfeksi malware. 

Perangkat lunak berbahaya ini memiliki berbagai kemampuan – mulai dari mencuri data pribadi Anda hingga memindai perangkat Anda untuk mencari kata sandi bahkan memata-matai setiap kata yang Anda ketik. Jika ponsel Anda telah diretas, penipu bisa masuk ke akun Instagram Anda.

4. Melalui aplikasi pihak ketiga

Selama bertahun-tahun, Anda mungkin telah menghubungkan beberapa aplikasi pihak ketiga dengan profil Instagram atau akun Facebook Anda – dan kemudian melupakannya. Sayangnya, setiap aplikasi pihak ketiga memiliki potensi risiko. Jika peretas menyerang aplikasi pihak ketiga yang memiliki keamanan yang lemah, mereka bisa masuk ke akun Instagram Anda.

5. Melalui serangan Wi-Fi atau pada perangkat publik

Peretas dapat mencegat Wi-Fi Anda melalui “Man In the Middle Attack” (MitM), yang memungkinkan mereka mengakses detail dan informasi dari perangkat Anda yang terhubung. Mereka mungkin juga dapat menemukan kata sandi Anda atau mengakses akun Anda secara langsung, membahayakan akun Instagram Anda. Ini sangat berisiko jika Anda menggunakan Wi-Fi publik di kafe atau bandara.

Anda juga harus berhati-hati saat masuk ke Instagram pada perangkat yang tidak dikenal. Jika Anda menggunakan komputer umum atau ponsel teman – dan lupa untuk keluar – orang lain dapat mengubah pengaturan akun Anda dan mengunci Anda. 

#Inilah Yang Harus Dilakukan Jika Akun Instagram Anda Diretas

cara mengembalikan instagram yang di hack
cara mengembalikan instagram yang di hack

Cara mengembalikan instagram yang di hack sudah saya jelaskan  diatas , untuk itu anda perlu melakukan serangkaian hal berikut ini agar akun instagram akan aman di sepanjang waktu : 

  • Perbarui dan tingkatkan kata sandi Anda. Ubah kata sandi lama atau yang digunakan kembali. Pertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi yang membantu Anda membuat dan menyimpan kata sandi yang unik dan rumit sehingga Anda tidak perlu mengingatnya.
  • Aktifkan otentikasi dua faktor (2FA). Ini dapat membantu menghentikan peretas mengakses akun Anda meskipun mereka mengetahui kata sandi Anda. Setiap upaya masuk akan memerlukan bentuk autentikasi kedua, seperti melalui telepon atau email Anda. 
  • Jangan pernah menyerahkan detail login atau akun Anda. Berhati-hatilah jika Anda menerima pesan langsung tentang peluang investasi, cara mendapatkan verifikasi, atau dukungan teknis. Instagram tidak akan pernah meminta informasi login Anda.
  • Berhati-hatilah terhadap “penipuan verifikasi”. Peretas akan berpura-pura menjadi salah satu teman Anda yang tidak dapat mengakses akun mereka, dan meminta untuk mengirim kode 2FA ke ponsel Anda. Namun kenyataannya, mereka mencoba meretas akun Anda. Jangan pernah memberikan kode 2FA — apa pun situasinya.
  • Jangan klik link yang mencurigakan. Banyak penipuan dan peretasan Instagram dimulai melalui pesan pribadi atau langsung. Aturan praktis yang baik adalah jangan pernah mengeklik tautan DM kecuali Anda yakin itu aman.
  • Gunakan perangkat lunak antivirus untuk melindungi dari malware. Jika peretas menipu Anda untuk mengunduh malware, mereka dapat memata-matai semua yang Anda ketik — termasuk kata sandi Instagram Anda.
  • Pindai dan hapus aplikasi pihak ketiga dan akun lainnya. Menghapus aplikasi dan akun pihak ketiga yang terkait dengan akun Anda akan membatasi jumlah titik akses ke akun Anda. 
  • Berhati-hatilah saat memasukkan detail login Anda. Scammers akan mencoba dan menipu Anda dengan menyamar sebagai pejabat Instagram melalui email atau DM, atau menautkan ke situs login palsu. Sebelum merespons, selalu pastikan email apa pun berasal dari alamat email resmi “Instagram.com”.
  • Panggilan atau obrolan video dengan seseorang yang menghubungi Anda melalui DM. Jika Anda curiga seseorang menghubungi Anda dari akun yang diretas, lakukan panggilan video untuk mengetahui apakah itu benar-benar mereka. Anda juga dapat menghubungi mereka secara langsung melalui saluran komunikasi lain seperti SMS, WhatsApp , atau Telegram .
  • Jangan percaya layanan pemulihan akun. Jika Anda telah memposting secara publik tentang akun Instagram Anda yang diretas, bot dapat menggunakannya untuk melawan Anda. Mereka akan menghubungi tentang layanan pemulihan yang akan membantu Anda “mengklaim kembali” akun Anda. Jangan jatuh untuk itu.
  • Mendaftar untuk perlindungan pencurian identitas. Akun Instagram Anda bisa menjadi pintu gerbang pencurian identitas atau bahkan penipuan keuangan . Solusi pencurian identitas dan keamanan digital all-in-one Aura menjaga akun, kredit, dan keuangan Anda aman dari penipu. Dan jika hal terburuk terjadi, Anda ditanggung oleh polis asuransi $1.000.000 untuk kerugian yang memenuhi syarat karena pencurian identitas.

Intinya: Jauhkan Penipu Instagram dari Akun Anda

Akun Instagram sangat diminati, dan para penipu menargetkan layanan media sosial pada tingkat yang semakin meningkat. 

Banyak langkah keamanan siber yang kami rekomendasikan untuk melindungi diri Anda dapat membantu melindungi lebih dari sekadar akun Instagram Anda. Mempraktikkan kebersihan online dan langkah-langkah keamanan dasar dapat membantu mengamankan data Anda dan mencegah serangan berbahaya dan merusak.

Mungkin itu yang bisa admin jayaherlambang.com bagikan , semoga informasi ini bisa memberikan hal yang berguna untuk anda dan memberikan solusi untuk anda . terimakasih .

Tinggalkan komentar