Cara Merefresh Laptop yang Hang dan Mengenali Penyebabnya

By | Mei 15, 2022

Mengetahui cara merefresh laptop yang hang cukup penting karena hal tersebut bisa terjadi sewaktu-waktu. Tentu saja akan sangat menyebalkan jika perangkat tidak dapat digunakan ketika Anda sangat membutuhkannya dan sedang terburu waktu.

Hal ini biasanya terjadi ketika perangkat Anda sudah cukup lama dan tidak kuat lagi untuk membuka banyak file dalam satu waktu. Akibatnya program akan terhenti dan tidak dapat digunakan pada jangka waktu tertentu.

cara merefresh laptop yang hang

Selain itu, ada juga penyebab-penyebab lainnya sehingga mempengaruhi kinerja dari laptop Anda. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda juga dapat mencari solusi untuk mengatasinya.

Cara Merefresh Laptop yang Hang

Meskipun sangat menyebalkan ketika terjadi lemot pada perangkat apalagi ketika sedang menggunakannya, namun ada beberapa cara refresh laptop yang hang. Berikut adalah cara mengatasinya.

1. Cara refresh laptop yang hang menggunakan Bios

Bios merupakan cara merefresh laptop yang hang dengan cukup efektif. Tidak heran jika banyak orang menggunakannya untuk mengatasi permasalahan perangkat dengan performa jelek ketika dijalankan.

Ketika terjadi hang, maka Anda dapat langsung melakukan restart atau force shutdown jika memang terpaksa dengan menekan power cukup lama. Setelah mati, nyalakan kembali dan segera masuk ke dalam BIOS.

Baca Juga   Cara Masuk Fastboot Xiaomi Melalui PC dan Smartphone

Cara masuk BIOS sendiri ada banyak, biasanya menyesuaikan laptop masing-masing. Bisa juga dengan menekan tombol F2, F8, F11, atau F12. Kemudian setelah memasuki BIOS, pilih Advanced BIOS Features.

Disbale semua yang ada kaitannya dengan BIOS Chache lalu klik Enter. Selanjutnya nyalakan kembali laptop Anda dan hang akan teratasi.

Baca juga : Cara mengatasi not responding tanpa menutup aplikasi yang sedang berjalan

2. Ketika Starting

Keadaan ini ternyata juga bisa terjadi bahkan ketika Anda baru membuka laptop atau proses booting. Meski demikian, ada cara untuk dapat digunakan sehingga Anda tidak perlu merasa panik lebih dahulu.

Keadaan ini bisa saja terjadi karena adanya kerusakan file atau corrupt, kemungkinan file hilang di sistem, maupun adanya virus. Mengatasinya sendiri adalah dengan scan registry menggunakan CCleaner atau bisa juga menggunakan scanning pada antivirus.

Jika sudah dilakukan, namun permasalahan masih belum hilang maka bisa jadi karena kemungkinan selanjutnya yaitu RAM kotor. Jika demikian, Anda perlu membersihkan hardisk ini dengan penghapus karet atau bisa juga dengan vacuum cleaner khusus.

Baca Juga   Cara Cek Nomor Registrasi Guru Secara Online Terbaru

Permasalahan lain bisa juga karena motherboard rusak, sayangnya jika benar demikian maka laptop sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Kalaupun ingin memaksakan untuk mengganti motherboard, harga yang harus dikeluarkan sama seperti laptop baru.

3. Ketika Not Responding

Not responding juga merupakan salah satu bentuk dari hang, namun masih cukup ringan sehingga dapat diatasi. Jika Anda menggunakan windows 10, maka dapat menekan bersamaan shift, CTRL, dan Esc. Bisa juga dengan CTRL, Alt, dan Del.

Setelah masuk Task Manager, Anda dapat menekan End Task yang ada pada program not responding. Jika tidak ada penyebab lain, maka cara ini biasanya dapat langsung membuat laptop kembali berjalan normal.

Ini Penyebab Laptop yang Hang

Ada beberapa penyebab hingga memungkinkan Anda akhirnya mencari cara merefresh laptop yang hang. Pertama adalah kurangnya memori atau RAM. Pada laptop tertentu memang tidak menyediakan ruang penyimpanan besar.

Anda harus mengerti seberapa besar RAM pada laptop Anda sehingga tidak membuka terlalu banyak program. Jika Anda tetap memaksa untuk membuka banyak program, maka bisa berkemungkinan menjadi lemot dan bahkan hang.

Baca juga : Fungsi Ram pada laptop dan HP dan juga jenisnya

Baca Juga   Membuat Tulisan Grafiti Nama Sendiri? Gunakan Aplikasi Ini

Penyebab selanjutnya adalah karena terlalu banyak program sehingga mengambil terlalu banyak RAM. Tidak menutup kemungkinan juga ada beberapa program berjalan di latar belakang meski Anda tidak menggunakannya, ini merupakan salah satu penyebabnya.

Bisa juga penyebabnya adalah hardisk rusak atau lecet sehingga performa menjadi berkurang. Nyawa pada hardisk sendiri berada pada sebuah piringan baja berfungsi untuk menjalankan program-program sehingga bisa menjadi hang jika terjadi kerusakan.

Malware atau virus juga bisa membuat perangkat Anda menjadi lemot dan bahkan hang. Dengan adanya virus, program bisa berjalan sendiri atau merusak data-data penting. Oleh karena itulah penting untuk memiliki antivirus sebagai pencegahan.

Baca juga : 7 Cara mengatasi laptop lemot pada windows dengan sangat mudah

Penyebab terakhir hingga membuat Anda mencari cara refresh laptop yang hang adalah adanya beberapa file corrupt. Jika hanya terjadi pada beberapa program saja yang corrupt, maka Anda dapat melakukan uninstall.

Ketika tiba-tiba terjadi lemot atau hang, tentu akan sangat menganggu pekerjaan. Dengan banyak penyebab, Anda bisa menggunakan cara merefresh laptop yang hang di atas untuk mengatasinya.

Originally posted 2022-02-12 12:03:00.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.