7 Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Android Sering Force Close

By | Mei 3, 2022

Ada banyak cara mengatasi aplikasi Android sering force close yang perlu kamu ketahui. Ya, aplikasi yang mengalami force close (berhenti paksa) memang sangat menjengkelkan, apalagi hal itu sering terjadi.

Force close sendiri merupakan sistem yang menghentikan aplikasi secara paksa karena penyebab-penyebab tertentu. Saat mengalami force close ini, pengguna Android biasanya mendapatkan pesan bertuliskan ‘unfortunately, app has stopped’ atau ‘sayangnya, aplikasi telah berhenti’.

Melansir dari Thelastsurvivors, di bawah ini kami akan membagikan berbagai cara mengatasi aplikasi Android sering force close yang terbukti ‘work’. Namun, sebelumnya kamu harus mengetahui berbagai penyebab aplikasi mengalami force close.

Penyebab Aplikasi Force Close

Penyebab utama aplikasi Android sering mengalami force close yakni file cache yang menumpuk. RAM yang sudah penuh juga sangat mungkin menjadikan aplikasi berhenti paksa.

Selain itu, ada sejumlah penyebab aplikasi mengalami force close. Antara lain sebagai berikut:

  • Aplikasi yang dijalankan tidak kompatibel dengan HP yang kamu gunakan.
  • Aplikasi masih versi beta (pengembangan/percobaan).
  • HP Android yang kamu gunakan tidak mendukung OS yang kompatibel dengan aplikasi.
  • Sistem tidak stabil akibat aktivitas root.
  • Memori HP penuh.
  • Aplikasi tiruan (bajakan).

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Android

Tiba saatnya kamu mengetahui cara mengatasi aplikasi force close di Android. Berikut kami bagikan tujuh cara yang bisa kamu ikuti. Simak dengan saksama!

Baca Juga   6 Cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di chrome android

1. Restart HP

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Android Sering Force Close

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yakni me-restart HP. Atau, kamu bisa mematikan HP setidaknya lima menit lalu dihidupkan kembali.

Cara ini bisa memulihkan kondisi HP ke kondisi awal. Sehingga, aplikasi yang mengalami force close bisa dibuka kembali dan berjalan normal.

Baca juga : Nama file sampah di android yang perlu anda ketahui dan cara membersihkannya

2. Hapus Data Aplikasi

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Android Sering Force Close

Cara kedua yakni menghapus data aplikasi. Ya, data aplikasi yang menumpuk banyak bisa mengakibatkan aplikasi mengalami masalah, salah satunya berhenti paksa. Berikut langkah-langkah menghapus data aplikasi melalui menu ‘Pengaturan’:

  1. Masuk ke menu ‘Pengaturan’.
  2. Pilih ‘Kelola Aplikasi’.
  3. Akan muncul daftar aplikasi yang ada di HP-mu. Pilihlah aplikasi yang ingin kamu hapus datanya.
  4. Pilih ‘Hapus Data’.

Perlu kamu ketahui, setelah melakukan langkah-langkah di atas, seluruh data pada aplikasi akan hilang atau terhapus. Jadi, aplikasi akan kembali dalam kondisi awal.

3. Memperbarui Aplikasi

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Android Sering Force Close

Mungkin aplikasi yang mengalami force close di HP-mu sudah kedaluwarsa atau termasuk dalam versi lama. Oleh karenanya, kamu harus memperbarui atau melakukan update aplikasi terkait agar bisa berjalan dengan normal.

Baca Juga   Cara Menyadap Nomor Telepon Biasa Dengan Mudah

Adapun cara memperbarui aplikasi bisa dilakukan langsung di Google Play Store. Cari aplikasi yang ingin kamu perbarui di kolom pencarian. Kemudian klik ‘Update’ pada aplikasi terkait.

Baca juga : Game berbayar di hp android terbaik

4. Install Ulang Aplikasi

Tiga cara mengatasi aplikasi Android sering force close di atas masih belum membuahkan hasil? Tenang, masih ada cara berikutnya yang bisa kamu coba!

Cara keempat yang kami rekomendasikan yakni melakukan uninstall aplikasi terkait. Kamu bisa melakukan uninstall di menu ‘Pengaturan’. Berikut caranya:

  • Masuk ke menu ‘Pengaturan’.
  •  Pilih ‘Kelola Aplikasi’.
  • Temukan aplikasi yang ingin kamu uninstall.
  •  Lanjutkan dengan mengklik ‘Uninstall.

Nah, setelah aplikasi terkait ter-uninstall, kamu bisa meng-install-nya kembali di Google Play Store. Untuk memudahkan pencarian, ketikkan saja nama aplikasi yang ingin kamu cari di kolom pencarian.

5. Download Aplikasi dari Internet

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Android Sering Force Close

Selain di Google Play Store, kamu juga bisa menginstal atau mendownload aplikasi dari internet. Bagaimana caranya?

Cukup ketikkan kata kunci ‘download (nama aplikasi) versi terbaru) di mesin pencarian Google. Misalnya, kamu pengin men-download aplikasi Instagram versi terbaru, maka ketikkan ‘download instagram versi terbaru’.

Baca Juga   VPN Gratis Internet Tanpa Kuota |APLIKASI VPN TERBAIK

6. Update Versi Android

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, salah satu penyebab aplikasi mengalami force close yakni HP Android tidak mendukung OS yang kompatibel dengan aplikasi terkait. Oleh karenanya, kamu perlu meng-update OS Android-mu. Berikut caranya:

  1. Masuk ke menu ‘Settings’.
  2.  Pilih ‘About Phone’.
  3. Klik ‘Check System Update’.
  4. Jika muncul pesan yang memberitahukan tersedia update OS terbaru, pilih ‘Download’.
  5. Setelah proses download rampung, akan muncul tombol konfirmasi untuk melakukan reboot. Pada saat itu, pilih ‘Restart’.

7. Reset Pengaturan Pabrik

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Android Sering Force Close

Cara mengatasi aplikasi Android sering force close yang terakhir adalah melakukan reset pengaturan pabrik atau lebih dikenal dengan sebutan factory reset. Namun, sebelum melakukan ini, kami menyarankan kamu untuk membackup data yang ada di HP-mu. Sebab, factory reset akan menghilangkan semua data yang ada di HP-mu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu ‘Settings’.
  2. Pilih ‘Backup & Reset’.
  3. Lanjutkan dengan mengklik ‘Factory Data Reset’, lalu ‘Reset Phone’.
  4. Tunggu proses sampai selesai hingga HP-mu kembali dalam kondisi awal.

Itulah penyebab dan berbagai cara mengatasi aplikasi Android sering force close. Jadi, jangan lagi jengkel dengan aplikasi yang mengalami force close, melainkan langsung atasi dengan cara-cara di atas.

Originally posted 2021-11-30 20:25:51.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.