Cara Pemakaian Komputer dengan Baik dan Benar

By | Mei 6, 2022

Jika Anda memiliki PC atau computer di rumah, tentunya harus memahami cara pemakaian komputer dengan baik dan benar terlebih dahulu sebelum jago menguasainya. Biasanya, para pemula cenderung kesulitan dalam mengoperasikan computer beserta tools di dalamnya.

Adapun skill dalam mengoperasikan komputer memang penting untuk dikuasai, mengingat teknologi semakin berkembang pesat di zaman sekarang. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari banyak hal Terkait cara mengoperasikan komputer agar mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara pemakaian komputer

Cara pemakaian komputer ini sendiri terdiri dari beberapa tahapan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal penting, seperti halnya seluruh perangkat perlu dipasang dengan benar, memperhatikan arus listrik, hingga pemakaian stabilizer atau UPS.

Beberapa Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, sebelum mempelajari cara mengoperasikan komputer, diantaranya yaitu:

1. Pastikan Seluruh Perangkat Komputer Sudah Terpasang dengan Benar

Hal pertama yang harus dilihat adalah memastikan semua perangkat komputer Anda terpasang dengan benar. Contohnya termasuk kabel daya, monitor, keyboard, dan mouse. Jika tidak terpasang dengan benar, maka perangkat tidak akan bisa digunakan.

Baca Juga   Ada Masalah Saat Berkomunikasi Dengan Server Google | Solusinya

Bagaimanapun, komputer adalah kumpulan komponen. Oleh karena itu, semua komponen komputer harus terhubung dengan benar satu sama lain. Apabila pemasangan perangkat belum benar, maka perangkat-perangkat tersebut tidak akan terhubung dengan komputer.

2. Arus Listrik

Komputer adalah salah satu alat elektronik yang membutuhkan listrik untuk menyalakannya. Apabila tidak ada arus listrik, tentunya alat elektronik ini tidak akan dapat menyala dan dioperasikan.

Kabel daya harus dicolokkan ke stopkontak sebelum menyalakan komputer. Anda juga perlu menyediakan listrik yang cukup untuk rumah Anda. Apabila ketersediaan listrik di rumah tidak mencukupi untuk menyalakan komputer, tentunya tidak akan mendukung proses penyalaan komputer tersebut.

3. Penggunaan Stabilizer atau UPS

Stabilizer atau UPS adalah perangkat tambahan yang dapat digunakan untuk menstabilkan listrik. Ballast memastikan aliran listrik ke komputer stabil. Apabila tidak ada pemberat yang digunakan. Takut aliran listrik tidak stabil atau naik turunnya. Ini akan merusak komputer Anda dengan cepat.

Cara Pemakaian Komputer dengan Benar

Dalam penggunaan PC atau komputer, Anda perlu memahami dengan baik cara pemakaian sebuah komputeryang benar agar Anda bisa mengaplikasikannya untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.

Baca Juga   Tips Membeli Laptop Built Up Berkualitas Dan Awet

1. Posisi Saat Duduk

Posisi ketika duduk menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan, mengapa demikian? Hal ini karena penggunaan komputer yang baik perlu ditunjang dengan posisi duduk dimana bagian punggung harus tegak.

Hal ini bertujuan agar bagian kepala dan leher sejajar dengan tubuh Anda, tidak membungkuk ataupun miring. Dengan begitu, postur tubuh akan tetap terjaga dengan baik guna menghindari penyakit tulang atau hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Istirahat

Cara pemakaian komputer ketika mengoperasikan, Anda tidak perlu fokus pada monitor. Melainkan, Anda juga bisa melihat keyboard di layer, keduanya perlu dijaga keseimbangannya. Adapun pemakaian komputer dalam waktu yang lama memang tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan kondisi tubuh mengalami nyeri punggung maupun nyeri tubuh.

Agar bisa menghindari hal-hal tersebut, Anda perlu beristirahat secara teratur ketika bekerja di depan komputer Anda. Jam istirahat disela-sela bekerja tentunya sangat dibutuhkan, terlebih seperti halnya mata, Anda bisa melihat ke tempat lain, ke luar jendela, atau lain sebagainya.

Baca Juga   Daftar Frekuensi Parabola Semua Satelit Terbaru 2022

3. Perhatikan Jarak Mata ke Komputer

Jangan bergerak terlalu dekat atau terlalu jauh dari komputer. Monitor dan mata Anda harus berjarak setidaknya 45-70 cm dan pada ketinggian yang sama. Jarak ini sangat penting untuk memastikan cahaya yang dipancarkan monitor tidak terlalu dekat dengan mata.

4. Gunakan Mouse yang Sesuai

Jika Anda harus menggunakan komputer dalam waktu lama, gunakan mouse berukuran besar. Jangan gunakan touchpad kecil atau sederhana. Jari-jari saya sakit dan kram, meskipun terlalu panjang. Semakin besar mouse, semakin nyaman dan aman untuk penggunaan jangka panjang.

5. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Aturlah tingkat kecerahan yang tidak terlalu terang atau terlalu gelap untuk mata Anda. Jika Anda mengatur kecerahan terlalu tinggi, mata Anda akan lebih cepat lelah dan cahaya yang dipancarkan lebih berbahaya bagi mata Anda.

Pembahasan mengenai di atas, diharapkan dapat menjadi referensi cara pemakaian komputer sekaligus menambah informasi buat Anda yang masih pemula dalam mengoperasikan komputer.

Originally posted 2022-01-19 09:40:23.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.