4 Cara untuk kompres PDF ke Ukuran yang Lebih Kecil

By | Juli 8, 2022

Berapa kali Anda telah mengonversi file Word ke format PDF dan kemudian membagikannya lebih lanjut? Jawaban oleh sebagian besar orang adalah “Untuk berkali-kali!”. Alasan di balik penggunaan ekstensif format file PDF adalah fleksibilitas yang ditawarkannya. Anda dapat melihat dokumen yang dikodekan dalam format file PDF dari perangkat apa pun.

Format file PDF memungkinkan keamanan data dan fleksibilitas untuk menambahkan berbagai jenis file seperti gambar dan lembar Excel dalam dokumen PDF juga. Oleh karena itu, banyak orang menggunakannya untuk berbagi dokumen secara online dan menyimpan informasi secara efektif.

Cara untuk kompres PDF ke Ukuran yang Lebih Kecil
Cara untuk kompres PDF ke Ukuran yang Lebih Kecil

Satu-satunya masalah yang akan dihadapi banyak orang saat berbagi dokumen dalam format file PDF adalah ukurannya yang lebih besar. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ukuran file PDF yang besar ini. Anda mungkin perlu perkecil ukuran PDF. Kami telah mengumpulkan beberapa detail tentang metode yang dapat membantu Anda kompres PDF file ke ukuran yang lebih kecil. Rincian lebih lanjut diberikan di bawah ini:

Cara Kompres File PDF

Anda dapat dengan mudah menyimpan e-book dalam bentuk file PDF, yang dapat memperoleh lebih dari 25 MB ruang penyimpanan dengan mudah. Jika Anda mencoba mengirim file PDF seperti itu menggunakan email atau aplikasi perpesanan umum seperti WhatsApp, maka permintaan Anda untuk mengirim file ini dapat ditolak karena ukuran file yang lebih besar.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah seperti itu adalah perkecil ukuran PDF, yang akan membuatnya lebih kecil dari 25 MB. Setelah file Anda menjadi lebih kecil dari 25 MB, Anda dapat dengan mudah mengirimnya. Berikut adalah beberapa cara untuk memungkinkannya:

1.    Buang Elemen

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat mengompresi ukuran file PDF adalah meninjaunya kembali untuk mencari tahu apa yang perlu dan apa yang tidak. Setelah melakukan itu, Anda pasti akan menemukan beberapa hal yang tidak diperlukan dalam file. Gambar yang ditampilkan dalam file PDF memakan ruang paling banyak, oleh karena itu pastikan Anda memeriksa setiap gambar untuk memeriksa apakah keberadaan gambar itu diperlukan atau tidak.

Jika Anda menemukan beberapa foto yang dapat dihapus untuk memperkecil ukuran file PDF, maka segera hapus, dan Anda akan melihat pengurangan ukuran gambar yang wajar. Selain itu, mungkin ada beberapa jenis file lain seperti lembar Excel atau file PPT yang tidak diperlukan, Anda juga dapat menghapus file tersebut. Selain itu, jika skema warna bukan urusan Anda, maka menghapus skema warna juga merupakan pilihan yang bagus.

2.    Gunakan Kompresor PDF

Jika Anda menemukan metode yang disebutkan di atas rumit, maka ini akan menjadi solusi sempurna untuk Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan kompresor PDF online yang efisien seperti yang akan Anda temukan di sini: https://www.duplichecker.com/id/compress-pdf.php. Alat semacam itu akan memungkinkan Anda untuk perkecil ukuran PDF dengan mudah. Anda dapat kompres PDF file hingga 500 KB dengan mudah tanpa mengurangi kualitas dan tata letak file. Selain itu, Anda dapat menggunakan kompresor PDF online di berbagai perangkat tanpa kesulitan. Oleh karena itu, membuat proses kompresi PDF lebih mudah untuk Anda di mana saja dan kapan saja.

3.    Memanfaatkan Ruang

Kosong Percaya atau tidak, banyak ruang dalam file PDF dapat memainkan peran kunci dalam meningkatkan ukurannya. Anda perlu memastikan bahwa file PDF yang ingin Anda bagikan atau simpan tidak mengandung ruang yang tidak terpakai. Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui seluruh file PDF. Setelah Anda melewatinya, Anda akan menemukan bagian atau halaman di mana ruang yang tersisa tidak digunakan.

Hal sederhana yang perlu Anda lakukan adalah membuang spasi yang tidak diinginkan dan menggunakan spasi tersebut untuk menempatkan karakter atau elemen yang perlu disertakan dalam file PDF tersebut. Setelah Anda menghapus spasi yang tidak perlu dari file PDF, Anda akan mendapatkan file PDF dengan ukuran file yang cukup kecil.

4.    Simpan File PDF di Folder Terkompresi

Cara ini akan bekerja untuk Anda saat Anda menggunakan sistem laptop atau desktop. Cukup klik kanan pada file PDF yang ingin Anda kompres dan pilih opsi “Compress to zip file”. Setelah Anda memilih opsi, alat kompresi yang diinstal di sistem Anda akan menghasilkan file “.rar” dengan nama sebenarnya dari PDF itu dan Anda akan mendapatkan file dengan ukuran file yang diperkecil. Sekarang Anda dapat mengirimnya menggunakan email atau aplikasi lain dengan mudah. Anda juga dapat menyimpannya dalam bentuk terkompresi untuk menghemat ruang penyimpanan jika Anda menghadapi masalah ruang penyimpanan yang terbatas.

Kesimpulan

Format file PDF adalah pilihan utama bagi semua orang saat ini dalam hal berbagi dokumen. Namun, file PDF dengan ukuran lebih besar dapat menjadi masalah saat berbagi dokumen. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengurangi ukuran PDF. Kami telah membahas beberapa metode di atas untuk membantu Anda dalam hal itu. Kami harap Anda akan menemukan tips yang diberikan di atas berguna di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.