Cara Pintar Memilih Cursor Gaming Andalan 2022

Anda para gamers pasti tahu, cursor gaming kini menjadi piranti yang paling penting untuk menunjang permainan. Apalagi itu game dengan genre First Person Shooter (FPS.). Yang mana kursor game sengaja didesain khusus dan beda dari yang lain.  

Hal ini tidak bermaksud apa-apa, namun berkaitan dengan fungsinya. Lalu bagaimana sih cara memilih mouse gaming yang tepat?

cursor gaming
cursor gaming

Cara Memilih Cursor Gaming dengan Tepat dan Cermat

Sebelum benar-benar yakin untuk membeli mouse gaming, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung simak ulasannya!

1. Bentuk dan Ukuran Mouse

Seperti yang kita tahu, desain mouse gaming sangat beragam. Dimana Anda harus memperhatikan desain yang ada karena berpengaruh pada kenyamanan saat digunakan. Bahkan mouse yang bagus akan percuma jika tidak pas dan membuat tangan pegal. 

Oleh karena itu, pilih cursor gaming dengan ukuran yang sesuai dengan telapak tanganmu.

Mengapa? Karena dengan ukuran mouse yang tepat, tentu akan meningkatkan refleks dan kecepatan tangan saat bergerak. Selain itu, mouse juga jadi lebih fleksibel untuk digerakan ke segala arah.

Namun untuk Anda yang kidal, sebaiknya pilih desain dan bentuk mouse yang sesuai dengan tangan kirimu. 

Tidak perlu khawatir, kini ada mouse dengan body simetris sehingga sangat nyaman digunakan untuk tangan kanan dan kiri sekalipun.

2. Jenis Sensor (Optik VS Laser

Memang betul jika mouse gaming dengan sensor optik jauh lebih murah dibandingkan mouse bersensor laser. Ini karena mouse laser ternyata lebih canggih daripada mouse optik.

Selain itu, mouse laser juga memiliki tingkat DPI yang lebih tinggi. Jika dibuat perbandingan, rata-rata mouse optik hanya memiliki sensitivitas sebanyak 8000 DPI. Sedangkan mouse laser bisa mencapai lebih dari 16000 DPI.

Jadi jika Anda biasa memainkan game dengan monitor besar, sebaiknya gunakan mouse dengan sensor laser. 

Belum cukup sampai disana, sensor mouse laser juga bisa digunakan hampir di semua jenis permukaan. 

Artinya, laser tersebut dapat memetakan posisi mouse secara akurat di atas permukaan yang licin atau mengkilap. Berbeda dengan mouse optik yang hanya bisa digunakan pada permukaan tertentu saja.

3. Perhatikan Sensitivitas (DPI) Mouse Gaming

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sensitivitas mouse dinilai dari satuan DPI atau Dots Per Inch. Ya, semakin tinggi angka sensitivitas, maka semakin baik pula kinerjanya. 

>

Sekedar informasi, biasanya mouse gaming memiliki fitur khusus untuk mengubah nilai sensitivitas pada PDI. Adapun nilai minimal dari sensitivitas rata-rata sebesar 1000 DPI. Namun semakin tinggi nilai PDI, justru akan semakin bagus dalam permainan. 

Anda hanya cukup menggerakan mouse sedikit saja, maka cursor gaming dapat bergerak jauh lebih tepat dan cepat.

4. Tombol yang Bisa Di Program Ulang

Harus digaris bawahi, fitur satu ini wajib dimiliki mouse gaming. Sama seperti keyboard, mouse gaming juga memiliki tombol khusus untuk mengatur ulang program agar jadi shortcut ke menu tertentu.

Adapun tombol tersebut bisa diatur ulang fungsinya agar mengeluarkan perintah khusus ketika memainkan sebuah game. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot menekan tombol keyboard atau keystroke yang mana memakan waktu lama.

5. Tingkat Poll Rate

Berikutnya, Anda harus memperhatikan fitur poll rate. Poll rate sendiri adalah kemampuan mouse gaming untuk menginformasikan posisinya pada komputer. 

Untuk game dengan akurasi dan kecepatan yang tinggi, maka dibutuhkan tingkat poll rate yang sama tingginya. 

Sekedar informasi, rata-rata poll rate yang dijual sekarang ini berkisar 125-1000 Hz. Namun dengan tingkat poll rate yang semakin tinggi, akan semakin baik pula kinerjanya.

6. Konektivitas

Bukan hal umum jika konektivitas menjadi fitur lain yang harus diperhatikan. Mouse pada gaming sendiri memiliki dua jenis konektivitas, dimana ada yang menggunakan kabel dan sebaliknya, tanpa kabel (wireless). 

Biasanya gamers profesional lebih memilih menggunakan mouse dengan kabel karena kemampuan mentransmisikan sinyal secara cepat. Apalagi jika kabelnya panjang sehingga pergerakan mouse tidak terbatas.

7. Lift Off Distance (LOD)

Fitur keempat adalah Lift off Distance yaitu jarak maksimal yang ada di bagian bawah mouse untuk mendeteksi gerakan. Jika LOD nya kecil, maka mouse akan berhenti mendeteksi gerakan bila terangkat sedikit saja. 

Jadi jauh lebih baik jika Anda menggunakan mouse gaming yang memiliki LOD besar agar responsif pada gerakan juga sama besarnya. 

Ya, diatas beberapa tips untuk memilih cursor gaming yang tepat sebelum fix membelinya. Selain berbagai fitur di atas, pertimbangkan juga harga yang ditawarkan. Jangan lupa, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *