Customer Feedback Adalah Apa Dan Cara Mengumpulkannya

Jayaherlambang.com – Pentingnya customer feedback untuk kemajuan sebuah bisnis karena dengan  mengetahui customer feedback , penjual akan tahu apa kekurangan dan yang harus diperbaiki mengenai produk yang dijualnya kepada konsumen . 

Customer feedback adalah informasi yang diberikan oleh konsumen / customer kepada penjual / produsen mengenai pengalaman dan review dalam penggunaan barang yang telah dibelinya apakah mereka puas atau sebaliknya . 

Customer Feedback

Tentunya dengan mengetahui umpan balik pelanggan ini maka , produsen dengan mudah menemukan kekurangan dari produk yang dihasilkannya . dalam bisnis hal ini sangat penting karena kepuasan pelanggan adalah hal mutlak yang harus dipenuhi agar bisnis yang dijalankan bisa maju pesat . 

Setelah tahu betapa pentingnya customer feedback tersebut , tentunya sebagai seorang pebisnis harus tahu bagaimana cara mengumpulkan umpan balik pelanggan tersebut . 

Cara mengumpulkan customer feedback untuk mengembangkan bisnis 

Di bawah ini ada beberapa cara untuk mengumpulkan customer feedback yang perlu anda tahu dan nantinya bisa anda gunakan , diantaranya adalah sebagai berikut ini : 

1. Melalui survey 

Survey adalah hal yang patut diperhatikan jika anda ingin mengetahui kepuasan pelanggan terhadap produk anda . apakah produk barang yang telah digunakan pelanggan sesuai dengan keinginan mereka . 

Dengan pengumpulan survey , data yang didapatkan tentunya digunakan untuk mengevaluasi produk yang telah dijual , survey yang dilakukan juga akan memberikan penjelasan seberapa banyak customer yang puas , customer yang tidak puas . hal ini sangat penting untuk semakin kualitas produk sesuai dengan yang customer harapkan . 

2. Email dan formulir kontak pelanggan  

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan feedback dari pelanggan adalah dengan menyertakan email pada produk yang di jual . umumnya produk yang di jual suatu perusahaan akan menyertakan formulir kontak pelanggan dan juga menyertakan email . 

Nantinya jika pelanggan merasa tidak puas dengan barang yang telah dibelinya dan tentu sudah memakainya akan memberikan review terhadap produk tersebut . 

Dengan adanya email dan formulir kontak pelanggan , maka pelanggan dengan mudah mengirimkan keluhan dan juga saran . sehingga hal ini akan membantu pebisnis untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan . 

3. Komentar customer di media sosial 

Customer feedback juga bisa didapatkan melalui komentar tentang produk di media sosial seperti facebook maupun instagram . karena banyak sekali pebisnis menggunakan akun sosial media untuk mempromosikan produk dan mengenalkan brand mereka . 

Umumnya pengguna juga akan memberikan komentar di postingan mengenai produk yang telah di pakai . tentunya hal ini sangat membantu para pelaku bisnis untuk mengetahui seberapa puas pelanggan terhadap produknya . dan hal apa yang harus disempurnakan nantinya . 

Jika pengumpulan customer feedback sudah dilakukan dengan menggunakan cara di atas . selanjutnya sebagai pebisnis harus tahu juga bagaimana cara menyaring data yang telah didapatkan untuk mengembangkan produk barang atau jasa agar lebih sempurna dan pelanggan akan puas nantinya . 

Dalam penyaringan data customer feedback yang telah dikumpulkan , periset harus tahu jumlah persentase pengguna . opini mana yang paling besar dan yang tidak , dengan mengetahui keluhan pengguna dalam jumlah yang besar pebisnis bisa memperbaiki hal yang tidak disukai tersebut sebagai prioritas utama dalam proses penyempurnaan produk . 

>

Penutup 

Demikianlah sobat mengenai bagaimana cara mengumpulkan data customer feedback yang harus diketahui semua pebisnis untuk meningkatkan produk yang akan di sukai pelanggan . 

Kepuasan pelanggan adalah hal utama yang menjadi prioritas , jika hal ini sudah anda dapatkan maka jangan heran jika produk yang anda jual akan laris manis di pasaran . 

Tentunya selain kualitas suatu produk , harga juga merupakan hal yang patut di perhitungkan . jika produknya bagus dan harga yang dipatok terlalu tinggi , bisa saja orderan barang yang akan di jual akan menurun nantinya . 

Untuk itu perlu melakukan riset yang lebih mendalam agar sesuatu yang anda kerjakan untuk mengembangkan bisnis bisa berjalan sesuai dengan yang anda harapkan . sekian .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *