Cara Hapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root Di Android Dengan Mudah

Mungkin kamu pernah kesal dengan aplikasi bawaan sehingga mulai mencari cara hapus aplikasi bawaan tanpa root. Memang aplikasi bawaan terkadang banayk yang perlu di gunakan dan hanya menghabiskan memori telepon , aplikasi seperti ini juga terkadang membuat ponsel pintar menjadi super lambat alias lemot. 

Apalagi beberapa aplikasi bloatware ini sengaja didesain agar tidak dapat di uninstall oleh para user. Alhasil akan membuat penggunanya kesal karena tidak hanya lemot, namun banyak juga iklan yang mengganggu. 

Cara Hapus Aplikasi Bawaan tanpa root

Melihat hal ini, kami akan memberi tips untuk menghapus aplikasi bawaan pada android tanpa perlu root sekalipun. Yuk langsung simak ulasannya dibawah ini!

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root di android

Seperti yang kita tahu, melakukan root berguna untuk menghapus aplikasi apapun di Android. Namun, root juga memiliki resiko dan bahaya tersendiri. Mulai dari garansi HP yang akan hangus hingga data-data pribadi yang dapat diretas.

Dengan tutorial hapus aplikasi bawaan tanpa root dibawah ini, itu artinya Anda tidak perlu menggunakan sistem Super User sebelum menghapus aplikasi bawaan di Android. 

Terlebih ada beberapa cara untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa root, yaitu dengan cara berikut ini:

1. Hapus Aplikasi Bawaan Dengan Cleaner App

cara menghapus aplikasi bawaan android

Seperti yang kita tahu, aplikasi Ccleaner berfungsi sebagai pembersih memori dan cache pada Android agar HP lebih ringan. Sebelum menggunakannya, Anda harus mengunduh terlebih dahulu dengan cara:

  1. Yang pertama, unduh dan install aplikasi Ccleaner 
  2. Kedua, buka aplikasi Ccleaner yang sudah terunduh di ponsel kamu . Setelahnya, klik tiga garis di bagian pojok kiri atas lalu pilih App Manager.
  3. Selanjutnya, pilih system dan tekan tombol ikon tong sampah
  4. Ketika mau menghapus aplikasi bawaan tersebut, akan muncul peringatan. Cukup abaikan hal tersebut dan lanjut tap tombol continue.
  5. Kemudian pilih aplikasi mana saja yang akan dihapus
  6. Terakhir, tap uninstall dan nantinya akan muncul peringatan apakan Anda sudah yakin untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. Jika ya, lanjut klik uninstall.

2. Menonaktifkan Aplikasi Pada Setting

Jika nantinya bloatware tidak bisa dihapus dengan aplikasi pihak ketiga, maka cara menghapus aplikasi bawaan android selanjutnya dengan menonaktifkan aplikasi itu sendiri.

Meskipun aplikasi yang ada tetap memakan memori, namun tanpa ada nya akses, maka bloatware tersebut tidak akan membuat smartphone kamu lemot. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pada halaman utama ponsel pintar, buka menu settings. Setelahnya, scroll ke bawah sampai menemukan ikon Apps.
  2. Jika sudah, klik Apps tersebut dan masuk ke menu baru. Kemudian pilih opsi Manage Apps didalamnya.
  3. Dibagian Manage Apps, carilah bloatware atau aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus.
  4. Nah, beberapa aplikasi bawaan pada ponsel Anda tersebut biasanya memiliki opsi untuk uninstall updates. Namun opsi ini tentu berbeda dengan uninstall yang berfungsi untuk menghapus aplikasi secara keseluruhan. 
  5. Sekedar informasi, uninstall updates hanya berfungsi untuk menghapus semua update versi aplikasi saja. Sehingga app tersebut akan kembali ke versi awal. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, setidaknya menghapus update akan mengurangi beban memori di HP.
  6. Selain opsi uninstall update, ada juga opsi Force Stop yang berfungsi untuk memaksa aplikasi berhenti bekerja sehingga RAM pada HP menjadi lebih ringan. 
  7. Belum cukup sampai disana, masih ada aplikasi Clear Data untuk menghapus semua data dan cache yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Baca juga : Cara mengatasi tidak bisa masuk akun google di android

3. Cara hapus aplikasi bawaan tanpa root dengan adb dan fastboot

Selanjutnya Anda bisa menggunakan software ADB dan Fastboot pada laptop/PC. Kedua software ini bisa dihubungkan pada ponsel Android melalui kabel USB. Adapun caranya:

  1. Pertama, sambungkan aplikasi di Android menggunakan kabel data
  2. Kedua, buka menu command Prompt di PC lalu klik tombol Win+R secara bersamaan
  3. Selanjutnya, klik perintah ‘adb devices’ dan klik enter
  4. Jika sudah, Command Prompt akan meminta izin untuk akses menuju smartphone, lalu klik tombol OK pada ponsel
  5. Selanjutnya ketik perintah adb devices, lalu akan muncul menu baru yang berbunyi ‘List of Devices Attached’
  6. Ketik ‘adb shell’ pada Command Prompt dan klik enter
  7. Terakhir, ketik perintah ‘pm uninstall -k-user 0 <package name> untuk mencopot aplikasi yang terpasang. 

Nah untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya melalui Google. Namun pastikan memiliki situs yang resmi dan terpercaya ya!

4. Cara menghapus aplikasi bawaan android dengan root explorer

Hapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Ada juga cara menghapus aplikasi bawaan android dengan root explorer , untuk melakukan hal ini . Anda harus melakukan root terlebih dahulu pada ponsel Anda . Anda bisa mencari panduannya di internet melalui pencarian google karena banyak situs yang telah membahasnya tergantung dengan perangkat yang akan di root .

Jika ponsel sudah di root , langkah selanjutnya untuk menghapus aplikasi bawaan di android dengan root explorer adalah sebagai berikut ini :

>
  • Silahkan install terlebih dahulu aplikasi root explorer melalui aplikasi google play
  • Jika sudah terunduh dan terinstall pada ponsel , silahkan buka aplikasinya
  • Selanjutnya di halaman utama yang terbuka , lihat bagian menu di atas aplikasi , silahkan tekan menu ROOT >> SYSTEM >> APP
  • Di halaman ini silahkan pilih aplikasi bawaan di android yang akan Anda hapus , Anda bisa ceklis aplikasi mana saja yang Anda mau hapus . karena bisa di lakukan secara bersamaan sehingga bisa menghemat waktu Anda .
  • Langkah terakhir adalah dengan menekan ikon tong sampah yang terdapat pada menu bagian bawah aplikasi , untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar yang saya sertakan di atas .

Cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi

Bagi Anda yang memiliki ponsel xiaomi , dan tidak tahu bagaimana  cara menghapus aplikasi bawaan . Anda bisa menggunakan cara di bawah ini , sebenarnya hampir sama saja dengan cara – cara di atas . disini saya akan menggunakan aplikasi system manager yang merupakan aplikasi khusus pengguna ponsel xiaomi . karena lebih mudah untuk melakukannya .

Baca juga : Cara ganti imei HP dengan root maupun tanpa rooting

Untuk lebih lengkap bagaimana cara menggunakan aplikasi system manager , langkahnya adalah sebagai berikut ini :

  • Silahkan download terlebih aplikasinya di playstore
  • Selanjutnya buka aplikasinya , kemudian Anda tekan bagian menu pojok kanan bawah yaitu tombol “ start
  • Selanjutnya di list aplikasi yang muncul silahkan pilih aplikasi bawaan xiaomi yang akan Anda hapus
  • Jika terhapus aplikasi tersebut secara otomatis akan terhapus secara permanen pada memori telepon Anda , yang tentu saja bisa melonggarkan size memori internal telepon Anda .
  • Ada opsi selain menghapus permanen aplikasi bawaan xiaomi , yaitu dengan menonaktifkannya . di halaman menu aplikasi yang akan di hapus , silahkan pilih opsi untuk menonaktifkannya .
  • Jadi aplikasi ini tidak akan terhapus namun hanya menonaktifkannya , sehingga jika Anda nantinya memerlukan kembali , Anda bisa mengaktifkannya dengan mudah .
  • Selesai

Kesimpulan

Ya, begitulah cara hapus aplikasi bawaan tanpa root dan juga dengan root secara mudah. Namun sebelum Anda melakukannya, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu fungsi dari aplikasi yang ingin Anda hapus. Lalu amankan data dan file yang ada dengan melakukan backup. 

Mungkin demikianlah yang bisa admin jelaskan di artikel ini , semoga bisa berguna untuk Anda . terimakasih dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *