Kode MMI Tidak Valid Artinya dan Cara Mengatasinya

By | Mei 5, 2022

Jayaherlambang.comKode MMI tidak valid artinya menunjukkan bahwa ponsel tidak memiliki koneksi jaringan karena disebabkan oleh masalah teknis. Hal tersebut membuat Anda tidak dapat melakukan panggilan atau mengirim pesan untuk sementara.

Masalah teknis tersebut sering dialami oleh pengguna ponsel dengan sistem operasi (OS) Android, terutama jika perangkat menjalankan koneksi dual-SIM. Lantas, hal apa saya yang sering menjadi penyebab kode MMI invalid?

Kode MMI Tidak Valid Artinya dan Penyebab Masalahnya

Ada beberapa penyebab kode MMI invalid sehingga ponsel tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi seperti biasanya. Mulai dari masalah autentikasi di kartu SIM, gangguan jaringan dari provider, hingga kerusakan pada perangkat.

1. Gangguan jaringan pada penyedia layanan komunikasi (provider)

Adanya gangguan terhadap jaringan memiliki pengaruh yang signifikan pada kekuatan sinyal ponsel. Hal tersebut seringkali menyebabkan kode MMI menjadi invalid sehingga perangkat tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi maupun mengirimkan pesan.

Alhasil, sering muncul peringatan “jaringan seluler tidak tersedia” atau “kartu SIM tidak terdaftar” karena adanya gangguan tersebut. Meski demikian, masalah teknis semacam ini biasa diatasi dengan melakukan restart kepada ponsel.

Baca Juga   Aplikasi Sadap Kamera Android | 7 APLIKASI KEREN

2. Masalah autentikasi SIM card di ponsel

Ketika ponsel Anda menampilkan pesan “Kartu SIM tidak terdeteksi”, itu artinya ada masalah pada kartu tersebut sehingga tidak bisa digunakan. Hal ini juga yang sering menyebabkan kode MMI menjadi invalid.

Ada beberapa kemungkinan hal tersebut bisa terjadi pada Anda, yakni kesalahan penempatan posisi SIM card ketika dipasang, SIM tray tidak dimasukkan dengan benar, hingga kotoran seperti debu di permukaan konektor.

3. Adanya kerusakan mekanis di perangkat

Selain masalah di atas, kode MMI tidak valid artinya kemungkinan besar mengindikasikan adanya kerusakan pada perangkat ponsel. Anda bisa mengambil kesimpulan ini dengan catatan telah melewati dua proses di atas.

Jika pemeriksaan jaringan dan proses autentikasi SIM card telah diperbaiki namun MMI tetap invalid, selanjutnya Anda bisa melakukan pemeriksaan pada perangkat. Gunakan jasa perbaikan profesional agar masalah bisa segera diatasi.

Cara Mengatasi Error Akibat Kode MMI Invalid

Anda sejatinya bisa memperbaiki kode MMI yang invalid, dengan catatan tidak terjadi kerusakan serius pada ponsel. Mulai dari hal sederhana seperti restart ulang, memodifikasi kode prefix, hingga memeriksa ulang jaringan.

Baca Juga   VPN Gratis Internet Tanpa Kuota |APLIKASI VPN TERBAIK

1. Lakukan restart pada perangkat

Kode MMI tidak valid artinya Anda harus mencoba untuk melakukan reset ulang (restart) pada ponsel agar sistemnya bisa diperbaharui. Secara otomatis, pengaturannya secara default akan memperbaiki semua error di dalamnya.

Tahan tombol “Power” dan “Home” secara bersamaan sampai ponsel mati dan bergetar, lalu tunggu sampai restart. Atau, tekan dan tahan Tombol Daya hingga menu opsi “Shutdown” muncul, lalu pilih “Restart”.

2. Memodifikasi kode prefix dengan menambahkan karakter tertentu

Anda juga bisa mengatasi invalid kode MMI pada perangkat Android dengan menambahkan karakter koma di akhir kode Awal. Hal tersebut memaksa OS untuk mengeksekusi dan mengabaikan semua kesalahan yang ada.

Jika kode Prefix adalah (*2904*7#), tambahkan koma di akhir karakter “#” hingga menjadi (*2904*7#,). Anda juga bisa menggunakan simbol “+” setelah tanda * dengan hasil (*+2904*7#), agar proses perbaikan mampu berjalan dengan baik.

3. Periksa jaringan dan tunggu hingga tersambung

Kode MMI tidak valid artinya juga bisa disebabkan oleh kegagalan koneksi pada jaringan ketika hendak menangkap sinyal. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan pemeriksaan di pengaturan “Networking” di ponsel.

Baca Juga   Cara Memasukkan Kode Undangan TikTok untuk Pengguna

Caranya, pergi ke “Pengaturan”. Pilih “Koneksi Jaringan dan diikuti oleh “Jaringan Seluler”, kemudian cari “Operator Jaringan”, hingga pilih penyedia nirkabel selama pencarian. Sambungkan sebanyak 3-4 kali hingga ponsel benar-benar terkoneksi.

4. Bersihkan chace dan coba gunakan mode ariplane

Metode lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara membersihkan chache pada memori ponsel. Hal tersebut sangat efektif untuk menghapus file sampah yang mungkin menghalangi sistem operasi dan kinerja perangkat Anda.

Selain itu, mengaktifkan mode pesawat juga bisa menyegarkan jaringan dan memecahkan masalah kode MMI yang invalid pada beberapa operator. Pilih opsi “Airplane Mode” lalu tunggu 10 detik, kemudian matikan kembali.

Masalah seperti di atas secara teknis sebenarnya sangat mudah untuk diperbaiki tanpa. Namun jika kerusakannya ada pada perangkat sehingga kode MMI tidak valid artinya Anda harus menggunakan bantuan teknisi profesional.

Originally posted 2022-01-07 13:05:00.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.