Sejarah Internet Di Dunia Dan Di Indonesia – Perkembangannya

By | Januari 27, 2021

Jayaherlambang.com – Kali ini saya akan bercerita mengenai sejarah internet di dunia dan indonesia . Yang mana internet telah menjadi suatu kebutuhan yang penting di era teknologi sekarang ini . Dan kita seakan tak bisa lepas dari itu semua .

Terkadang mudah untuk menerima begitu saja penemuan fantastis ini. Saya mencoba mendalami dan mempelajari sejarah internet dan menemukan banyak fakta menarik tentang sejarah internet.

sejarah internet di dunia dan indonesia
sejarah internet di dunia dan indonesia

Sejarah internet di dunia dan perkembangannya

Ada sesuatu yang menarik dari sejarah internet di dunia itu , dan perkembangannya dari waktu ke waktu . Diantaranya yang perlu anda ketahui adalah

  • Versi internet paling awal ditemukan pada tahun 60-an.
  • Internet pada awalnya disebut ARPANET.
  • Email pertama dikirim ke Ray Tomlinson.
  • Pesan pertama yang dikirim melalui internet adalah “LO”.
  • Hal pertama yang dijual lewat internet adalah CD dari artis Sting.

Internet ditemukan pada tahun 1960-an

Versi pertama internet muncul pada 1960-an. Biasanya dikatakan bahwa internet dibuat di AS sebagai tanggapan atas keberhasilan Soviet dengan Sputnik, 1 karena akan membantu AS menahan potensi serangan nuklir. Oleh karena itu, awalnya ini adalah proyek yang didanai oleh Departemen Pertahanan AS.

Pada awal tahun 1962 JCR Licklider datang dengan membawa ide untuk membuat jaringan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain. Sesuatu yang, pada waktu itu, disebut Jaringan Antargalaksi.

Pesan pertama yang terkirim adalah “LO”

Pada 29 Oktober 1962, pesan pertama dikirim dari satu komputer ke komputer lainnya. Ini dilakukan melalui ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network). Komputer ditempatkan di dua universitas paling terkemuka di Amerika, satu di UCLA dan yang lainnya di Stanford.

Baca Juga   Cara Membuka Situs Yang Diblokir Di Google Chrome HP

Pesan dari UCLA singkat dan ringkas: LOGIN. Sayangnya, ini tidak cukup singkat, jaringan rusak dan Stanford hanya menerima dua huruf pertama “LO”.

ARPANET akhirnya diperluas

Pada akhir tahun 1969, 4 komputer telah terhubung ke jaringan ARPANET. 1971-72, Universitas Hawaii ditambahkan ketika ALOHAnet ditambahkan ke ARPANET. Kemudian datang jaringan dari London dan Norwegia.

Email pertama yang dikirim Ray Tomlinson kepada dirinya sendiri

Pada tahun 1971, seorang pria bernama Ray Tomlinson juga mengerjakan cara untuk mengirim pesan antar pengguna ARPANET yang berbeda. Ini menjadi program email elektronik pertama di dunia. Program ini dirancang untuk mengirim informasi dari satu pengguna ke pengguna lainnya, tetapi di komputer yang sama. Jadi email pertama yang pernah dikirim adalah dari Ray, untuk dirinya sendiri.

Program ini diubah namanya menjadi surat elektronik (Email) dan pada saat itu “@” digunakan untuk memisahkan nama dan domain penerima.

IP dan www

Vinton Cerf menemukan cara bagaimana komputer untuk berkomunikasi satu sama lain di seluruh dunia melalui ruang virtual. Versi pertama disebut TCP (Transmission Control Protocol) yang diikuti oleh versi selanjutnya, Internet Protocol (IP).

Tim Berners-Lee adalah orang yang kemudian menemukan World Wide Web. Sekarang, tidak lagi hanya untuk peneliti yang menggunakan internet, tetapi malah menjadi jaringan untuk massa besar untuk berbagi informasi.

Browser pertama yang digunakan di kala internet di temukan

Saat ini, Google dan Safari adalah dua browser yang populer, tetapi pada tahun 1992, Erwise yang digunakan. Erwise adalah browser pertama yang memiliki antarmuka grafis. Versi sebelumnya ada, Nexus dan peramban Mode Garis, tetapi tanpa antarmuka grafis. Pada tahun 1993 Mosaic datang, dan ini menjadi browser yang membuatnya populer untuk menjelajah internet. Mosaic kemudian mempengaruhi banyak browser berikutnya seperti Netscape. Netscape mendapatkan popularitas besar dan merupakan browser yang menyumbang 95% dari penjelajahan pada tahun 1995.

Baca Juga   Fungsi Ram Pada Laptop Maupun HP Dan Jenisnya

Internet melalui dial-up

Pada awal 1990-an, perusahaan seperti AOL dan Compuserve mulai memasok Internet melalui dial-up, Internet yang datang melalui saluran telepon. Kala itu internet dan panggilan telepon tidak bisa di gunakan bersamaan seperti sekarang ini .

Apa itu internet?

Internet adalah jaringan terbesar di dunia. Tidak hanya komputer yang terhubung ke internet, tetapi semua jenis unit. Dengan cara itu Anda hari ini dapat berbagi informasi dalam jumlah besar. Layanan khas yang dibuat untuk ini adalah berbagi file, telepon IP , email, layanan streaming, dll.

Berkat perkembangan jaringan, industri dunia, komunikasi, dan kehidupan sehari-hari telah berubah secara dramatis. Internet memungkinkan bekerja, belajar, dan berkomunikasi dari jarak jauh. Hal ini juga menyebabkan beberapa negara memberlakukan sensor untuk mengontrol informasi gratis yang dapat membahayakan masyarakat.

Selain itu, internet adalah alasan kita memiliki media sosial dan seperti yang kita kenal sekarang dengan semua jenis layanan yang dimilikinya. Dengan lebih banyak akses ke internet di seluruh dunia, lebih banyak pekerjaan tersedia yang sesuai untuk pengembangan. Belanja online adalah salah satunya.

Baca Juga   Password Indihome Huawei hg8245h 2021 | TERBARU
  • Ini adalah jaringan besar yang menghubungkan komputer dan berbagai hal lainnya.
  • Telah memungkinkan komunikasi langsung dengan cara baru seperti e-mail.
  • Memiliki ritel yang efisien yang pada akhirnya menghasilkan peluang baru seperti ritel online.
  • Saat ini Anda bisa mendapatkan hampir semua pengetahuan dari internet selain dari buku.
  • Ini adalah sistem yang rapuh tempat virus dan serangan dunia maya muncul.
  • Disinformasi mudah menyebar di internet dan antar pengguna.
  • Berkat perkembangan internet, kecerdasan buatan telah berkembang dengan pesat.

Internet controversies

Berbagi file ilegal seperti mengunduh film, game, musik, program, atau apa pun tanpa membayarnya. Ini dianggap tindakan ilegal tetapi banyak yang masih melakukannya karena internet begitu cepat saat ini. Sebagai tanggapan terhadap tren ini, banyak perusahaan telah menciptakan alternatif streaming yang sukses dan legal seperti Spotify , Netflix , dan Viaplay .

Masalah lain yang sering terjadi di internet adalah serangan dunia maya. Bentuk yang paling umum adalah sekelompok peretas yang mengambil kendali atas sejumlah komputer dari jarak jauh bersama dengan membebani mereka dengan mengirimkan sejumlah besar informasi ke server lain melalui internet, yang disebut serangan DDOS.

Virus terjadi di internet dan dengan mudah menyebar melalui email, unduhan, atau situs web. File trojan ditempatkan di komputer seseorang tanpa sepengetahuan mereka sehingga peretas dengan mudah dapat mengakses informasi pribadi mereka seperti informasi kartu kredit ketika Anda membayar di internet.

Baca Juga   Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di HP Xiaomi Dengan Mudah

Internet bisa menyebarkan informasi dengan cepat

Berkat lebih banyak koneksi ke internet, informasi yang tersedia berkembang. Ini berkaitan dengan apa pun dari klip Youtube yang diposting, artikel Wikipedia, atau media apa pun yang berinvestasi dalam jurnalisme web. Hal ini menyebabkan akses informasi yang konstan bagi manusia.

Fakta bahwa internet memungkinkan penyebaran informasi yang cepat telah menyebabkan banyak diskusi tentang sumber. Disinformasi mudah menyebar melalui internet dan seringkali juga dimaksudkan untuk membingungkan, atau mendorong opini ke arah tertentu, misalnya saat pemilu. Oleh karena itu, memeriksa sumber sangat penting seperti di media tradisional.

Internet juga merupakan teknik yang akan membawa kita ke masa depan dengan AI, kecerdasan buatan. Berkat perkembangan internet, sejumlah besar data akan memungkinkan AI untuk berkembang dan terus diperbarui dengan informasi terbaru seperti mobil otonom.

Perkembangan jaringan seluler

Hari ini kita membawa ponsel kemanapun kita pergi dan menggunakannya untuk hampir semua hal. Di masa lalu, seluler digunakan untuk menelepon dan mengirim pesan teks, tetapi karena sekarang kami memiliki akses ke internet di telepon, area penggunaan telah meningkat secara signifikan. Awalnya, koneksi internet ke ponsel adalah sesuatu untuk mereka yang memiliki kesabaran yang baik. Itu hanya berjalan sangat lambat. Namun melalui berbagai generasi jaringan seluler, 2G, 3G, dan 4G, kecepatan dan aksesibilitas telah meningkat pesat. Dan sekarang kita menghadapi langkah selanjutnya, yaitu 5G.

Baca Juga   Daftar Frekuensi Parabola Semua Satelit Terbaru 2021

Ketika semakin banyak perangkat seluler diharapkan untuk terhubung ke internet nirkabel, lebih banyak lagi yang akan dibutuhkan dalam hal kecepatan, throughput dan penundaan. Ini adalah sesuatu yang diharapkan 5G dapat dilakukan tanpa masalah. Dikabarkan bahwa 5G akan dapat memberikan kecepatan hingga 100 megabit / s dengan penundaan sesedikit milidetik.

Sudah tahukan bagaimana sejarah internet di dunia dan perkembangannya itu bagaimana , selanjutnya bagaimana sejarah internet di indonesia kita yang tercinta .

Sejarah internet di indonesia singkat

Menurut sumber dari wikipedia , internet mulai di gunakan pada tahun 1990 . dimana kala itu internet ini lebih sering di kenal sebagai paguyuban network . Sesuai dengan katanya paguyuban , maka pelakunya mementingkan kerjasama , semangat gotong royong dan kehangatan anat sesamanya .

Berbeda dengan sekarang ini , internet di gunakan untuk kepentingan komersil yang di perdagangkan untuk mendapatkan keuntungan . Ya maklum kebutuhan internet dewasa ini terus meningkat dengan pesatnya , dan hal ini bisa menjadi suatu bisnis komersil yang menguntungkan .

Untuk perkembangan secara detail dari sejarah internet yang ada di indonesia anda bisa baca di laman situs wikipedia . Disana sudah di jelaskan dengan lengkap dari awal masuk dan perkembangan penggunaan internet di indonesia .

Akhir kata

Usai sudah untuk kali ini artikel mengenai sejarah internet di dunia dan di indonesai , sudah saya jelaskan secara panjang lebar dan singkat untuk perkembangan internet di indonesia . Semoga bisa menambah wawasan anda nantinya . Sekian dari saya , sampai jumpa lagi .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *