Tips Memilih Modem WiFi portable yang Bagus

By |

Tips Memilih Modem WiFi portable – Saat ini jaringan internet jadi bagian penting dari kehidupan manusia. Hampir semua aktivitas membutuhkan jaringan internet, seperti bekerja, belajar, maupun untuk hiburan. Hal ini membuat sebagian besar orang tidak bisa terputus dengan koneksi internet.

Tips Memilih Modem WiFi portable

Berbicara mengenai koneksi internet, biasanya orang akan menggunakan paket data ataupun WiFi (Wireless Fidelity) agar tersambung ke jaringannya. Baik paket data maupun WiFi, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi bagi orang dengan kebutuhan internet besar, WiFi sering kali jadi pilihan.

Pasalnya dengan menggunakan WiFi, koneksi internet yang tersambung jauh lebih stabil dibandingkan dengan paket data seluler. Dilihat dari segi biaya, WiFi juga bisa dikatakan lebih murah. Sebab koneksi WiFi bisa digunakan dalam beberapa perangkat secara bersamaan. Hal ini, tentu berbeda dengan sistem paket data yang hanya bisa tersambung ke satu perangkat saja.

Namun sayangnya penggunaan WiFi yang kita kenal saat ini, cenderung tidak fleksibel. Sebab, router jaringan WiFi tidak bisa dipindah-pindah dan biasanya menempel di dinding rumah. Hal ini, membuat pengguna WiFi harus menyediakan paket data ketika berada di luar ruangan. Alhasil, biaya yang harus dikeluarkan membengkak.

Akan tetapi, jangan khwatir karena saat ini telah tersedia modem WiFi portable yang lebih praktis dan fleksibel. Sama halnya dengan WiFi pada umumnya, modem WiFi portable menawarkan konektivitas internet yang cepat dan stabil. Kelebihannya, WiFi jenis ini bisa dibawa kemana saja dan lebih praktis karena bentuknya yang kecil.

Modem WiFi portable membutuhkan daya berupa baterai untuk menyalakannya. Biasanya, daya baterai dapat bertahan hingga 6 jam pemakaian. Agar tersambung ke jaringan internet, perangkat ini membutuhkan SIM card yang terpasang di dalamnya. Oleh karena itu, pilihlah operator seluler dengan jaringan yang stabil agar bisa digunakan dengan baik.

Sebelum memutuskan membeli Modem WiFi portable, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Hal tersebut seperti kecepatan internet yang ditawarkannya, daya tahan baterai, dan lainnya. Bagi Anda yang masih bingung untuk memutuskan membeli modem WiFi portable jenis apa, maka Anda berada di tempat yang tepat. Yuk disimak tips memilih modem WiFi portable sebelum membelinya!

7 Tips Memilih Modem WiFi portable (Modem MiFi)

1. Pilihlah Baterai dengan Kapasitas Besar dan Memiliki Fungsi Bypass

Sebelum membeli Modem WiFi portable, alangkah lebih baik untuk memeriksa kapasitas baterainya. Penting untuk memilih modem WiFi portable dengan kapasitas baterai yang besar, agar bisa digunakan lebih lama. Hal ini dapat memudahkan Anda ketika membawanya bepergian, karena tidak perlu terlalu sering mengisi daya.

Tidak hanya kapasitas baterai saja, adanya fitur bypass juga perlu diperhatikan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk tetap menggunakan WiFi selama proses pengisian daya berlangsung. Hal tersebut membantu Anda agar tetap terhubung dengan koneksi internet.

Baca juga : Cara mengatasi paket mifi tidak bisa di gunakan

2. Periksalah Kecepatan Jaringan

Kecepatan jaringan perangkat modem WiFi portable perlu diperhatikan dengan cermat. Sering kita temui produk modem WiFi portable dengan kecepatan 150 Mbps, 300 Mbps, dan 500 Mbps. Akan tetapi, ketika digunakan kecepatannya akan sedikit berkurang, apalagi jika digunakan oleh banyak perangkat.

3. Perhatikan Jumlah Pengguna

Jumlah pengguna jadi hal yang membedakan antara modem WiFi portable dan biasa. Pasalnya setiap perangkat modem WiFi portable memiliki ketentuan jumlah pengguna maksimal yang berbeda-beda. Biasanya jumlah pengguna maksimal di setiap perangkat sejumlah lima, lima belas, atau bahkan bisa lebih. Bagi Anda yang berencana menggunakan modem WiFi portable bersama orang lain, hal ini jadi persoalan yang wajib diperhatikan.

4. Perhatikan Fiturnya

Mengetahui fitur apa saja yang tersedia pada perangkat modem WiFi portable tentu perlu. Dalam hal ini, fitur yang perlu diperhatikan seperti tersedianya slot antena. Sebab beberapa perangkat memiliki slot antena eksternal yang berfungsi untuk memperkuat jaringan. Hal ini dapat membantu Anda ketika berada di wilayah dengan jaringan internet yang susah.

5. Terdapat Garansi Produk

Sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya, modem WiFi portable juga memerlukan garansi untuk mengantisipasi jika terjadi kerusakan. Pilihlah modem WiFi portable dengan keterangan garansi yang jelas dan memiliki service center. Sebab harga modem WiFi portable yang tidak murah, sangat sayang jika dibiarkan rusak begitu saja.

6. Sesuaikan Budget

Memilih WiFi dengan kualitas dan vitur terbaik memang perlu. Akan tetapi perlu diperhatikan juga masalah budget yang tersedia. Sesuaikan budget yang ada dengan harga modem WiFi portable yang akan dibeli. Terlebih lagi, sekarang telah tersedia berbagai macam pilihan modem WiFi portable dengan harga yang bervariasi.

7. Teliti dengan Merk dan Serinya

Saat ini telah tersedia berbagai jenis modem WiFi portable. Bahkan dalam satu merk terdapat beberapa seri. Oleh karena itu, penting untuk lebih memperhatikan seri dari setiap merknya. Sebab pada setiap seri memiliki fungsi dan juga kualitas yang berbeda.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli modem WiFi portable. Pilihlah modem WiFi portable yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan juga mengenai ketentuan yang terdapat dalam perangkat tersebut.

Terdapat beberapa modem WiFi portable dengan paket bundling dengan SIM card. Hal ini menyebabkan provider SIM card yang digunakan tidak bisa berganti. Kondisi tersebut dapat menyulitkan ketika provider yang digunakan tidak memiliki koneksi yang stabil. Guna memudahkan Anda dalam memilih merk modem WiFi portable, Anda bisa cek ceklist.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *