Cara Upgrade Android Paling Aman dan Tanpa Root HP

By | Mei 17, 2022

Bagaimana cara upgrade Android untuk semua merek HP? Android sebagai salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone memang terus berkomitmen memberikan fitur terbaik, salah satunya melalui pembaruan OS.

Saat ini sistem terbaru Android adalah Android 11 yang hadir untuk menyempurnakan sistem operasi sebelumnya. Beberapa fitur baru juga ditambahkan untuk memberikan kemudahan pengguna.

cara upgrade Android

Dengan melakukan pembaruan maka akan meningkatkan kompatibilitas dari aplikasi di ponsel. Pengguna bisa menikmati beragam aplikasi terbaru yang ada di Play Store setelah melakukan upgrade.

Tidak hanya itu saja, dengan melakukan upgrade juga akan meningkatkan sistem keamanan pada ponsel. Ditambah lagi dengan tampilannya yang semakin interaktif serta dapat meminimalkan masalah pada penggunaan ponsel.

Pada beberapa merek smartphone mungkin memberikan fasilitas pembaruan secara otomatis ketika terhubung dengan wifi. Namun sebagian besar mengharuskan pengguna untuk melakukan pembaruan secara manual.

Jangan khawatir, ulasan kali ini kami akan memberikan tutorial bagaimana caranya upgrade Android yang paling aman tanpa harus melakukan root pada ponsel. Mari simak!

Cara Upgrade Android via OTA atau Over The Air

Salah satu cara mengupgrade sistem operasi yang paling banyak digunakan dan aman adalah melalui OTA (Over The Air). Perlu diketahui bahwa selama proses pembaruan berlangsung akan mengunduh data-data sistem operasi terbaru sehingga membutuhkan data lumayan besar. Berikut langkah-langkahnya:

Baca Juga   Cara Sadap SMS Lewat Email untuk Semua Kartu
  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Settings di ponsel Anda
  2. Scroll ke bagian bawah, klik menu Tentang Perangkat atau About Phone. Anda bisa menggunakan kolom pencarian apabila tidak menemukan bangun tersebut.
  3. Cara upgrade Android selanjutnya klik opsi Update dan Layar yang kemudian akan menampilkan tulisan Pembaruan Perangkat Lunak. Pada beberapa tipe ponsel mungkin dinamakan System Firmware Update atau Pembaruan Firmware Sistem.
  1. Klik menu Periksa Pembaruan (Check for Updates), secara otomatis ponsel akan mencari pembaruan OS yang ditawarkan.
  2. Tunggu beberapa saat, di layar ponsel Anda akan menampilkan pilihan “Later”, “Install Overnight” dan “Install Now”. Pilihan tersebut meminta Anda untuk memilih kapan akan melakukan pembaruan. Klik “Install Now” apabila ingin melakukan pembaruan segera.
  3. Terakhir tinggal menunggu sampai proses pembaruan selesai dan ponsel akan restart secara otomatis.
Baca Juga   Cara Membuat Tema Xiaomi Sendiri Menggunakan Aplikasi dan Website

Cara mengupgrade Androidtersebut adalah yang paling mudah dan aman serta dapat diterapkan hampir untuk semua merek ponsel. Selain itu, pembaruan sistem operasi juga tidak akan menghilangkan data data di penyimpanan internal maupun eksternal ponsel Anda.

Baca juga : 7 cara mengatasi google play tidak bisa di buka

Upgrade Android Lewat Komputer atau Laptop

Cara upgrade Android melalui komputer atau laptop ini bisa dilakukan apabila Anda tidak mendapatkan notifikasi terkait pembaruan di ponsel. Atau ketika masuk ke pengaturan tidak terdapat opsi untuk melakukan upgrade. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan komputer/laptop, lalu buka web browser seperti Chrome, Mozilla atau sejenisnya.
  2. Masuk ke situs resmi produsen perangkat smartphone Android yang Anda gunakan saat ini.
  3. Setelah masuk ke situs resmi produsen, cari menu Halaman Dukungan atau Support.
  4. Untuk beberapa produsen biasanya Anda akan diminta memasukkan informasi terkait model atau jenis perangkat yang digunakan. Setelah mengisi informasi tersebut akan muncul tampilan pembaruan yang tersedia lengkap dengan menu download file.
  5. Selanjutnya download dan pasang perangkat lunak Device Management di komputer Anda. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua tipe ponsel menggunakan nama tersebut. Beberapa ponsel seperti Motorola memakai MDM, Xiaomi memberi nama MIUI dan Samsung menggunakan nama Kies. Intinya cari program untuk pembaruan sesuai tipe ponsel Anda.
  6. Jika sudah, selanjutnya hubungkan perangkat smartphone ke komputer menggunakan kabel USB.
  7. Kemudian buka perangkat lunak yang sebelumnya sudah Anda pasang (di langkah ke-5).
  8. Cari perintah upgrade atau update untuk proses pembaruan. Menu tersebut biasanya ada di dropdown bagian atas. Klik menu Upgrade/Update, Android akan mulai melakukan pembaruan sistem operasi ke versi terbaru.
  9. Tunggu beberapa saat sampai smartphone melakukan proses reboot.
Baca Juga   Kode MMI Tidak Valid Artinya dan Cara Mengatasinya

Baca juga : Cara hapus aplikasi bawaan tanparoot di android

Kesimpulan

Bagaimana, mudah sekali bukan melakukan proses pembaruan sistem operasi Android ke versi yang paling baru? Gunakan salah satu cara upgrade Android seperti sudah kami jelaskan di atas karena tutorial tersebut paling aman dan tidak perlu melakukan root pada ponsel.

Originally posted 2022-02-16 07:36:00.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.