Cara Partisi SD Card Tanpa Root di Android

By | Mei 12, 2022

Ada cara partisi SD card paling mudah yang bisa dilakukan oleh pemula. Partisi SD card adalah pembagian memori pada beberapa bagian. Manfaatnya adalah membuat kartu memori terpisah-pisah menjadi lebih terorganisir dan membuat Anda bisa menyimpan data tertentu pada bagian berbeda-beda.

Kebanyakan orang melakukan pemecahan bagian untuk menggunakan aplikasi Link2SD. Aplikasi tersebut banyak dimanfaatkan untuk memindahkan aplikasi permainan ke dalam partisi lain seperti SD Card.

cara partisi sd card

Link2SD wajib dipunyai oleh pengguna android yang memiliki memori internal kecil. Sehingga membuat seakan-akan partisi ini bisa menambahkan kapasitas memori pada penyimpanan internal.

Tutorial Cara Partisi SD Card Menggunakan Minitool PC

Untuk bisa melakukan partisi, ada berbagai cara bisa diikuti oleh Anda pengguna android yang akan membuanya menjadi beberapa bagian. Salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah menggunakan minitool PC.

Berikut ini adalah tutorial partisi SD card menggunakan Minitool pada laptop atau PC Anda. Minitool Partition Wizard merupakan salah satu program digunakan untuk membuat partisi. Bisa membuat formatnya menjadi NTFS, exFAT, FAT dan lainnya.

Baca Juga   Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Online , 2X3 , 3X4

Baca juga : 7 cara mengetahui kartu sd yang rusak dengan mudah dan cepat

1. Mengunduh dan Memasang Minitool

Pertama adalah mengunduh programnya, Anda dapat mengunduh program ini dengan mencarinya di internet. Setelah selesai terunduh langsung lakukan pemasangan pada PC atau laptop yang digunakan.

2. Menghubungkan dengan SD Card

Selanjutnya adalah cara menghubungkan program dengan kartu memori ponsel Anda. Caranya Anda bisa menggunakan card reader bisa langsung dipasangkan ke PC/laptop. Semua kapasitas kartu memori bisa dipartisi dari mulai 4GB sampai 64GB.

3. Membagi bagian

Selanjutnya adalah membagi partisi dengan cara menjalankan program ini terlebih dahulu. Setelah itu pilihlah drive micro SD Card, lalu pilih Move/resize. Setelah itu tugas Anda tinggal menentukan ukuran masing-masing partisi yang diinginkan.

Setelah selesai menentukan ukuran, maka Anda akan melihat perbedaannya. Salah satu bagian akan berjenis FAT32 dan lainnya menjadi unallocated.

4. Menentukan Format

Selanjutnya menentukan format pada bagian berstatus unallocated dengan cara klik kanan pada bagian tersebut. Lalu pilih Create, setelah itu akan terlihat beberapa opsi yang bisa dipilih.

Baca Juga   Cara Menggunakan OBS Studio Untuk Record Game

Baca juga : Cara hapus aplikasi bawaan tanpa root di android

Opsi tersebut antara lain seperti partition label, drive letter, dan masih banyak lagi. Jika partisi tersebut ditujukan untuk Link2SD maka format yang dipilih adalah Create As menjadi Primary dan File System menjadi Ext2.

Tetapi jika Anda berniat untuk menjadikannya sebagai perangkat tambahan maka pilihan harus dipilih adalah Creat AS jadi Primary dan File System menjadi Fat32. Sedangkan untuk opsi lainnya Anda bisa mengabaikannya saja.

5. Akhir

Setelah selesai, maka langkah terakhirnya dengan menekan tombol apply yang berada di pojok kiri atas. Sehingga secara otomatis pengaturan sudah dilakukan pada Minitool Partition Wizrd telah tersimpan.

Tutorial Cara Partisi SD Card Tanpa Root Android

Selain melalui PC, Anda juga bisa melakukannya melalui Android tanpa harus Root terlebih dahulu. Cara ini bisa di gunakan jika Anda ingin memecah bagian kartu memori tetapi tanpa harus root terlebih dahulu.

Aplikasi yang digunakan untuk melakukan pembagian bagian SD Card lewat Android tanpa root adalah aparted atau Android Partition Tool. Tetapi sebelum dilakukan pemecahan bagian, Anda harus melakukan back up data agar nantinya tidak terhapus. Berikut ini adalah tutorial cara partisi SD card Tanpa Root.

Baca Juga   Cara Menyadap SMS yang Sudah Dihapus Menggunakan Aplikasi
  1. Unduhlah terlebih dahulu melalui playstore pada android.
  2. Setelah aplikasi terpasang, selanjutnya Anda buka terlebih dahulu pengaturan lalu penyimpanan dan pilih lepaskan kartu SD
  3. Selanjutnya, buka aplikasinya dan pilih menu create lalu ADD.
  4. Selanjutnya Anda bisa melakukannya sesuai dengan kebutuhan. Hal yang perlu diatur adalah kapasitas dan jenis format yang diinginkan.
  5. Setelah selesai melakukan setting dan dirasa semuanya sudah sesuai keinginan maka klik Apply.
  6. Setelah itu akan muncul pop up untuk memastikan pengaturan yang Anda lakukan sudah benar semuanya. Lalu Klik OK.
  7. Restart HP seperti biasa dan selesai.

Partisi SD Card dapat jadi pilihan ketika memori internal Anda dirasa sudah tidak cukup lagi menampung data dan aplikasi yang terinstall pada smartphone. Cara partisi SD card sangat mudah dilakukan bahkan tanpa harus root HP sekalipun.

Originally posted 2022-02-02 21:51:10.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.